Peranan Analisis Cost Volume Profit Sebagai Salah Satu Alat Bantu Manajemen Untuk Perencanaan Laba (Studi Kasus Pada PT "X")
Daftar Isi:
- Tujuan perusahaan adalah memperoleh laba, karena ukuran untuk menilai berhasil atau tidaknya manajemen suatu perusahaan dalam menjalankan kegiatannya adalah laba. Analisis Cost Volume Profitadalah salah satu analisis yang dapat digunakan oleh manajemen dalam membuat perencanaan guna mencapai laba yang diharapkan tersebut. Sehingga dalam penulisan skripsi ini penulis mengambil judul “ Peranan Analisis Cost Volume ProfitSebagai Salah Satu Alat Bantu Manajemen Untuk Perencanaan Laba”. Objek penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah sebuah perusahaan penghasil spare partmesin industri. Dalam penelitian ini, penulis mengumpulkan data secara langsung pada perusahaan seperti wawancara dan memperoleh data pendukung laporan seperti penerimaan hasil penjualan dan pengeluaran biaya-biaya yang berkaitan erat dengan aktivitas perusahaan pada tahun 2007, yang selanjutnya diolah dan disajikan dalam bentuk tabel atau daftar dan bagan atau grafik. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa titik impas perusahaan berada pada penjualan Rp 3.337.755.955 dan margin of safetyperusahaan sebesar Rp 293.112.586 atau 8,07% yang menandakan bahwa penjualan perusahaan boleh turun sebanyak 8,07% dari penjualan yang terjadi sekarang. Untuk merencanakan laba, manajemen perusahaan mempunyai beberapa alternatif, diantaranya adalah alternatifmenaikkan harga jual, menurunkan biaya tetap atau biaya variabel dan meningkatkan penjualan sampai pada laba yang ditargetkan. Dari keempat alternatif tersebut, alternatif menurunkan biaya variabel merupakan alternatif yang memberikan kontribusi paling menguntungkan dibandingkan alternatif lainnya karenadapat dikendalikan langsung oleh pihak manajemen perusahaan melalui penetapan kebijakannya. Alternatif ini dikatakan menguntungkan karena memiliki contribution margin ratiodan margin of safety ratio yaitu 41,01% dan 16,21%. Alternatif menaikkan harga jual dan meningkatkan volume penjualan tergantung dari faktor diluar kendali manajemen seperti permintaan konsumen terhadap produk. Setelah mempelajari sistem perencanaan laba PT. “X” diketahui bahwa perusahaan belum menggunakan analisis Cost Volume Profitdalam merencanakan laba, oleh karena itu penulis tertarik untuk menerapkan analisis Cost Volume Profitdalam merencanakan laba pada perusahaan ini.