Peranan Pengendalian Penjualan Dalam Menunjang Efektivitas Penjualan (Studi Kasus Pada PT T, Bandung)
Daftar Isi:
- Objek penelitian penulis adalah peranan pengendalian penjualan dalam menunjang efektivitas penjualan pada PT. T, salah satu perusahaan garmen di Bandung. Salah satu pengujian dan penilaian atas peranan pengendalian penjualan adalah dengan mengadalkan pengujian hipotesis. Jikahasil hipotesi baik, maka pengendalian penjualan dianggap berperan dalam menunjang efektivitas penjualan. Sebaliknya, jika hasil dari hipotesis tidak baik, maka peranan pengendalian penjualan tidak efektif, dengan kata lain tidak berperan dalam menunjang efektivitas penjualan. Penulis melakukan penelitian ini dengan menggunakanmetode deskriptif analitis. Data primer diperoleh penulis dari hasil wawancara, kuesioner, dan observasi. Data sekunder diperoleh penulis dari literatur-literatur yang berhubungan dengan masalah yang diteliti sebagai landasan teori. Setelah melakukan penelitian, pembahasan, dan pengujian hipotesis, penulis memperoleh kesimpulan yang menunjukkan bahwa: “Pengendalian penjualan berperan dalam menunjang efektivitas penjualan” dapat diterima. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis sebesar 77,78% atas proses pengendalian dan 76,61% atas tercapainya tujuan pengendalian dalam perusahaan. Artinya dalam meningkatkan efektivitas penjualan dalam perusahaan, pengendalian penjualan sangat berperan.