Peranan Pemeriksaan Operasional Atas Bagian Penjualan pada PT SA Dalam Mengevaluasi Kinerja Bagian Penjualan
Daftar Isi:
- Perkembangan dunia usaha sekarang ini semakin meningkat. Hal ini mengakibatkan terciptanya kondisi persaingan usaha yang semakin ketat bagi setiap perusahaan. Oleh karena itu, untuk dapat bertahan dalam kondisi persaingan usaha yang semakin ketat, perusahaan dituntut untuk dapat mengelola kegiatan usahanya dengan sebaik mungkin. Pada perusahaan dagang yang berorientasi pada pencapaian laba, kegiatan penjualan merupakan salah satu kegiatan yang perlu mendapat perhatian khusus dari pihak manajemen, karena dari kegiatan penjualan inilah akan dihasilkan pendapatan yang memungkinkan perusahaan untuk dapatterus beroperasi. Bagian penjualan merupakan tulang punggung perusahaan dalam pelaksanaan kegiatan penjualan. Kinerja bagian ini harus dievaluasi secara berkala untuk secara berkesinambungan memperbaiki kelemahan-kelemahan yang mungkin terjadi dan diupayakan untuk dapat terus meningkat, karena peningkatan kinerja merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam menghadapi persainganusaha yang semakin ketat. Atas dasar itulah, saya tertarik untuk melakukan pemeriksaan operasional atas bagian penjualan pada PT SA, sebagai salah satu perusahaandagang yang bergerak di bidang penjualan kain interior. Kinerja bagian penjualan dapat kita evaluasi denganmelihat efektivitas dan efesiensi penjualan. Dalam mengevaluasi kinerja bagian penjualan, pengelolaan penjualan dan hal-hal lain yang mempengaruhi kegiatan penjualan seperti fasilitas fisik perlu diperhatikan. Metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif analitis, yaitu suatu metode yang bertujuan menggambarkan objek yang diteliti berdasarkan data yang dikumpulkan, diolah dan dianalisa, sehingga diperoleh suatu kesimpulan yang akan dijadikan dasar dalam penyusunan rekomendasi. Data yang diperlukam adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui penelitian lapangan, yaitu dengan mengadakan observasi, wawancara dengan pengisian kuesioner. Sedangkan data sekunder diperoleh dengancara mempelajari literatur yang berhubungan dengan masalah yang sedang diteliti. Berdasarkan pemeriksaan yang telah dilakukan serta didukung oleh data-data yang diperoleh, maka penulis dapat menarik kesimpulan bahwa kinerja bagian penjualan di PT SA sudah cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari tercapainya efektivitas penjualan disertai dengan adanya kenaikan tingkat efesiensi penjualan perusahaan serta adanya pengelolaan yang baik terhadap kegiatan dan penggunaan fasilitas fisik secara optimal. Jadi secara umum kinerja bagian penjualan di PT SA sudah cukup baik, namun kinerja tersebut masih dapat ditingkatkan lagi. Oleh karenaitu, saya mengajukan beberapa saran dan rekomendasi yang dapat dipertimbangkan oleh pihak manajemen untuk lebih meningkatkan kinerja bagian penjualan.