Daftar Isi:
  • Dalam skripsi ini saya menganalisis penggunaan fungsi bahasa dalam slogan iklan mobil. Saya memilih untuk menganalisis slogan yang ada di iklan mobil karena banyaknya merek dan tipe mobil dengan slogan yang berbeda-beda. Saya memilih 15 iklan mobil sebagai data studi. Majalah yang menjadi sumber untuk penelitian saya adalah Autocar, Auto Bild, Money. Teori yang saya terapkan dalam menganalisis iklan-iklan ini adalah teori Function of Speech dari Janet Holmes dalam buku Introduction to Sociolinguistics edisi kedua yang diterbitkan pada tahun 2001. Function of Speech dibagi menjadi enam fungsi; yaitu expressive, directive, referential, poetic, metalinguistic, dan phatic. Setelah melakukan penelitian, saya dapat memastikan bahwa dalam satu slogan minimal terdapat satu function of speech. Fungsi-fungsi tersebut bertujuan agar mobil yang diiklankan menjadi lebih menarik. Selain itu, ada empat fungsi yang berbeda dengan frekuensi pemakaian yang berbeda dalam slogan-slogan tersebut. Fungsi yang paling banyak digunakan adalah referential diikuti oleh directive. Pemakaian fungsi poetic tidak begitu banyak ditemukan dalam analisis saya. Pemakaian fungsi expressive hampir tidak dapat ditemukan dalam analisis saya. Saya hanya menemukan satu data dalam penelitian saya yang menggunakan fungsi tersebut. Sedangkan dua fungsi yang tidak dapat saya temukan dalam penelitian saya adalah fungsi metalingustics dan phatic. Hal ini dikarenakan fungsi metalinguistic tersebut hanya digunakan untuk memberikan komentar pada bahasa. Sedangkan fungsi phatic yang menunjukkan solidaritas tidak sesuai dengan slogan mobil yang kebanyakan memberi informasi tentang keunggulan mobil tersebut. Dengan demikian, jelaslah bahwa kedua fungsi ini tidak sesuai untuk digunakan dalam periklanan.