Studi Deskriptif Mengenai Status Identitas Bidang Vokasional Pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Teologia (STT) "X" Banjarmasin
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul “Studi Deskriptif mengenai Status Identitas Bidang Vokasional pada Mahasiswa/i STT “X” Banjarmasin, yang bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang status identitas di bidang vokasional pada mahasiswa/i di STT. Sesuai dengan maksud dan tujuan penelitian, maka rancangan penelitiannya adalah metode deskriptif dengan menggunakan teknik survei pada 111 mahasiswa/i remaja akhir yang ada di lingkungan STT “X” Banjarmasin, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner Status Identitas bidang vokasional yang disusun oleh peneliti berdasarkan teori Status Identitas dari Marcia(1993). Uji validitas menggunakan construct validity, dengan perolehan validitas antara 0.30-0.69, dan uji reliabilitas dengan menggunakan metode alpha cronbach dengan perolehan reliabilitas 0.89. Teknik analisis terhadap data penelitian ini adalah dengan menghitung uji statistik distribusi frekuensi dari data primer kemudian dilakukan tabulasi silang dengan data penunjang. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh disimpulkan bahwa sebagian besar mahasiswa STT “X” memiliki status identitas achievement, yaitu sebesar 37.84% dan status identitas diffusion merupakan status identitas yang jumlahnya tidak jauh berbeda dengan status identitas achievement, yaitu sebesar 32.43%. Sementara sisanya berada pada status identitas moratorium dan foreclosure. Diketahui pula bahwa mahasiswa yang menghayati orangtuanya membesarkan dengan pola asuh yang bersikap menghargai dan mendiskusikan pendapat dan keinginannya, dapat memiliki status identitas achievement dan diffusion. Peneliti menyarankan untuk meneliti lebih lanjut mengenai kontribusi faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan status identitas bidang vokasional khususnya mengenai pemilihan jurusan pada mahasiswa/i STT “X” Banjarmasin. Bagi pihak STT “X”, khususnya bagian kemahasiswaan berkoordinasi dengan senat mahasiswa untuk mengadakan diskusi antara mahasiswa yang memiliki status identitas achievement dengan mahasiswa betstatus identitas diffusion mengenai hal-hal yang dilakukan ataupun yang dirasakan selama menjalani jurusan teologia. Selain itu, disarankan juga agar para dosen wali aktif mengadakan pertemuan dengan mahasiswanya untuk berdiskusi mengenai halhal yang terkait dengan kegiatan pembelajaran di STT “X”.