Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh gambaran mengenai derajat kepuasan kerja pada karyawan bagian telemarketing PT. ‘X’ Kota Bandung. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi deskriptif dengan teknik survei, yakni penelitian yang dilakukan dalam waktu yang bersamaan terhadap 20 orang responden yang telah memenuhi karakteristik penelitian. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner dengan jumlah item keseluruhan sebanyak 60 item. Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas, alat ukur tersebut diolah menggunakan rumus korelasi Rank Spearman diperoleh nilai validitas berkisar 0,303-0,533. Sedangkan realibilitasnya diperoleh nilai 0,732 dengan menggunakan metode Alpha Cronbach. Berdasarkan pengolahan data secara statistik, maka didapatkan hasil 95% karyawan bagian telemarketing PT. ‘X’ Kota Bandung memiliki derajat kepuasan kerja yang tinggi, sedangkan 5% karyawan bagian telemarketing PT. ‘X’ Kota Bandung memiliki derajat kepuasan kerja yang rendah. Diketahui juga bahwa keempat aspek dari kepuasan kerja, yaitu : kerja yang secara mental menantang, rekan kerja yang mendukung, ganjaran yang pantas, dan kondisi kerja yang mendukung akan mempengaruhi derajat kepuasan kerja. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah derajat kepuasan kerja yang dimiliki oleh karyawan bagian telemarketing PT. ‘X’ Kota Bandung cenderung tinggi. Selain itu ada pula faktor – faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja, yaitu : jenis kelamin, status perkawinan, banyaknya tanggungan, dan masa kerja. Peneliti mengajukan saran agar dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai pengaruh kepuasan kerja terhadap kesesuaian kepribadian dengan pekerjaan