Peranan Anggaran Penjualan Dalam Upaya Meningkatkan Efektivitas Penjualan (Studi Kasus Pada PT X Bandung)
Daftar Isi:
- Kegiatan yang berada di PT. X saling berhubungan satu dengan yang lainnya, sehingga diperlukan perencanaan, koordinasi, dan pengendalian yang tepat agar kegiatan-kegiatan tersebut dapat dilaksanakan sebaik-baiknya. Yang menjadi objek penelitian adalah mengenai peranan anggaran penjualan dalam meningkatkan efektivitas penjualan pada PT. X yang berlokasi di Jalan Terusan Pasirkoja No. 339 Bandung. Tujuan dilakukan penelitian adalah untuk mengetahui proses penyusunan anggaran penjualan yang dilakukan oleh PT. X dan untuk mengetahui peranan anggaran penjualan dalam meningkatkan efektivitas kegiatan penjualan yang dilakukan oleh PT. X. Adapun hipotesis yang diajukan dalam penyusunan penelitian ini adalah: “Penyusunan anggaran penjualan yang memadai, berperan dalam meningkatkan efektivitas penjualan”. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan penelitian ini adalah metode deskriptif analitis. Teknik pengumpulan datayang dilakukan oleh penulis dengan melakukan penelitian lapangan, dan penelitian kepustakaan. Penelitian lapangan diperoleh melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Penelitian kepustakaan diperoleh dengan mempelajari literatur dan buku-buku yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan oleh penulis terhadap PT. X bahwa proses penyusunan anggaran penjualan pada PT. X telah memadai, karena adanya langkah-langkah penyusunan anggaran yang memadai dan faktor-faktor intern dan ekstern perusahaan. Selain itu, kegiatan penjualan perusahaan telah efektif, karena adanya proses pengendalian dalam kegiatan penjualan dan tercapainya tujuan kegiatan penjualan. Selain itu juga, anggaran penjualan telah berperan dalam meningkatkan efektivitas kegiatan penjualan, karena terdapat fungsi anggaran, sehingga hipotesis yang penulis ajukan diterima. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian dan pembahasan tersebut adalah bahwa penyusunan anggaran penjualantelah diterapkan dengan cukup memadai dan berperan dalam meningkatkan efektivitas penjualan pada PT. X. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan penulisdapat diterima. Beberapa saran yang penulis ajukan untuk meningkatkan efektivitas penjualan, yaitu: mempertimbangkan faktor eksternal, melakukan analisis penyimpangan dalam satuan unit, pemisahan fungsi yang jelas, dan lebihberperan aktifnya top management perusahaan.