Daftar Isi:
  • Kegiatan perencanaan laba merupakan hal yang penting bagi perusahaan karena dapat berpengaruh terhadap laba yang akan diperoleh perusahaan. Oleh karena itu, manajemen memerlukan suatu alat bantu untuk menetapkan berapa tingkat penjualan yang harus dicapai untuk memperoleh laba. Laba ditentukan oleh harga jual, biaya, dan volume penjualan yang dihasilkan perusahaan. Salah satu alat bantu yang dapat digunakan untuk menganalisis hubungan ini adalah analisis cost-volume-profit. Dengan analisis cost-volume-profit,dapat diketahui breakeven pointperusahaan, yaitu titik dimana perusahaan tidak mengalami keuntungan maupun kerugian. Atas dasar inilah penulis mengadakan enelitianpada sebuah perusahaan yang bergerak di bidang sepatu dengan judul “Peranan Analisis Cost-Volume-Profit sebagai Alat Bantu Manajemen Dalam Menghasilkan Laba Optimal Pada PT. X”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peranan analisis cost-volume-profitdalam membantu manajemen dalam menghasilkan laba optimal. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam menyusun skripsi adalah metode deskriptif analitis. Sedangkan teknik penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Objek dari penelitian ini adalah analisis cost-volume-profitdan perencanaan laba. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan pada PT.X dapat disimpulkan bahwa analisis cost-volume-profitsebagai alat bantu manajemen dalam menghasilkan laba optimal.