Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Internal Penjualan Majalah GFresh Pada PT Getmedia (Studi Kasus Pada PT Getmedia, Bandung)
Daftar Isi:
- Perekonomian Indonesia pada masa sekarang ini sedang bertumbuh dan berkembang terutama sejak adanya krisis ekonomi tahun 1998. Pertumbuhan ekonomi suatu negara khususnya di Indonesia, salah satunya ditandai dengan semakin ketatnya persaingan. PT. GetmeDia sebagai salah satuperusahaan yang bergerak di bidang media cetak, menerapkan salah satu langkah dalam menghadapi persaingan yaitu menerapkan sistem informasi akuntansi, khususnya sistem informasi akuntansi penjualan yang dapat mendukung dalam meningkatkan efektifitas pengendalian internal aktivitas penjualan perusahaan. Metoda penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metoda deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi, wawancara, dan menggunakan kuesioner. Pada penelitian ini, ukuran sampel yang diambil sebanyak 30 responden. Dalam hipotesis ini uji yang digunakan adalah uji regresi sederhana.Uji regresi sederhana ini digunakan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara pelaksanaan sistem informasi akuntansi penjualan dengan efektifitas pengendalian internal penjualan majalah GFresh pada PT. GetmeDia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif antara pelaksanaan sistem informasi akuntansi penjualan terhadap efektifitas penjualan majalah Gfresh karena memiliki persamaan Y = 94.362 + 0.213 X dan nilai adjusted R square sebesar - 0.67 yang berarti sama dengan nol. Oleh karena itu diperoleh simpulan bahwa H1 diterima. Ini berarti ada pengaruh yang signifikan antara sistem informasi akuntansi dalam menunjang efektifitas pengendalian internal penjualan majalah GFresh.