Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran value Schwartz pada Siswa/i SMA dengan latar belakang Budaya Biak di Biak-Papua. Sampel Teori yang digunakan adalah value dari Schwartz (1990). Value pada penelitian ini terdiri atas 10 tipe value, yaitu value self-direction, stimulation, hedonism, achievement, power, tradition, conformity, security, benevolence dan universalism. Alat ukur yang digunakan adalah Portrait Value Quetionnaire (PVQ) yang dikembangkan oleh Schwartz (1992). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan teknik survei. Sementara data yang didapat berskala ordinal dan diolah dengan mencari mean, korelasi dan Smallest Space Analysis.. Berdasarkan pengolahan data, didapatkan content, structure, dan hierarchy value. Pada content teridentifikasi sepuluh tipe value Schwartz pada regionnya masing-masing. Pada structure teridentifikasi hubungan compatibilities sesuai dengan teori Schwartz. Hierarchy pada penelitian ini adalah conformity, security, universalism, tradition, self-direction, benevolence, achievement, power, stimulation, dan hedonism values Saran bagi penelitian selanjutnya adalah melakukan penelitian value Schwartz pada Siswa/i SMA yang berlatar belakang suku sama di daerah yang berbeda (di Papua atau Luar Papua) atau pada siswa/i SMA dengan latar belakang suku-suku lain di Indonesia.