Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk)
Daftar Isi:
- Pendidikan akuntansi di Indonesia sudah cukup lama diselenggarakan yangdimulai dari pendidikan tata buku sampai pendidikan akuntansi saat ini . Tentunya banyak hal yang dapat di evaluasi dari penyelenggaraan pendi dikan akuntansitersebut. Pendi dikan akuntansi harus menghasilkan akuntan profesi onal sejalan dengan perkembangan kebutuhan akan j asa akuntansi pada abad mendatang.Pendidikan t inggi akuntansi yang t i dak menghasilkan seorang profesi onalisme sebagai akuntan akan t i dak laku dipasaran tenaga kerj a. Dengan terbi tnya Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasi onal No. 179/U/2001 l ulusan S1 j urusan akuntansi t i dak lagi bergelar Akuntan, Dengan surat keputusan Mendiknas No.180/P/2001 gel ar Akuntan bisa didapat bagi mereka yang sudah mengantongi ijazah dari pendidikan profesi akuntansi (PPAk). Ada berbagai mot ivasi yang melatar belakangi mahsiswa dal am mengikut i program PPAk, di antaranya adalah motivasi sosial , mot ivasi kuali tas, dan motivasi kari r. Tuj uan dari peneli t ian ini adal ah menguji mot ivasi mana yang paling berpengaruh terhadap minat mahasiswa untuk mengikut i PPAk. Penari kan sampel dari populasi dilakukan dengan metode purposive sampling, pengol ahan tes stati st i k menggunakan Multiple Linier Regresion dan Corellation Analysis. Maka berdasarkan peneli t ian dan pengol ahan data dapat di perol eh nilai probabili t as Motivasi Kuali tas: p = 0,000. p < 0,05; maka Ho di tol ak, atau motivasi kuali tas terbukt i signifikan memengaruhi minat mahasiswa akuntansi untuk mengikut i PPAk. Motivasi Sosi al: p = 0,315. p > 0,05; maka Ho di terima, atau motivasi sosial t i dak signifikan memengaruhi minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti PPAk. Motivasi Kari r: p = 0,007. p < 0,05; maka Ho di tol ak, atau moti vasi kari r terbukti signifikan memengaruhi minat mahasiswa akuntansi untuk mengi kut i PPAk. Dengan berdasarkan pada hasil dari pembahasan diatas, maka pengujian secara individu menunj ukkan terdapat pengaruh yang berarti dari komponen-komponen motivasi yai tu motivasi kuali tas dan motivasi kari r. Sedangkan untuk motivasi sosial t i dak terdapat pengaruh yang berarti .. Seperti kita lihat dari kesimpulan diatas maka mot ivasi merupakan faktor penting bagi seorang mahasiswa untuk mengikut i PPAk.