Studi Deskriptif Mengenai Learning Approach Terhadap Mata Pelajaran Matematika pada Siswa Kelas 3 di SMPN "X" Bandung
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai learning approach terhadap mata pelajaran matematika pada siswa kelas 3 SMPN ‘X’ Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik survei. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas 3 SMPN ‘X’ Bandung dan pengambilan data dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada siswa . Alat ukur yang digunakan untuk memperoleh data yaitu kuesioner learning process questionnaire yang dimodifikasi peneliti berdasarkan teori dari Bigs (1987) yang terdiri atas 30 item dengan reliabilitas 0,531 dan validitas 0,201-1. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa sebanyak 57,78 % siswa kelas 3 SMPN ‘X’ Kota Bandung menggunakan surface approach, 27,78 % siswa menggunakan deep approach dan 14,4 % siswa menggunakan surface-deep approach sebagai pendekatan dalam mempelajari matematika. Terdapat beberapa faktor personal dan background yang berkaitan dalam learning approach siswa yaitu conceptions of learning, abilities, locus of control dan experiential background.