Pengaruh Perhitungan Harga Pokok Produk Antara Metode Konvensional Dengan Metode Activity Based Costing (ABC) Terhadap Penetapan Harga Jual Produk (Studi Kasus Pada Perusahaan Tekstil di Bandung)
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah untuk mengetahui perhitungan harga pokok produk dengan menggunakan metode konvensional dan perhitungan harga pokok dengan metode Activity Based Costing, membandingkan hasil perhitungan dari kedua metode tersebut, dan apa pengaruhnya terhadap harga jual produk tersebut. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis yaitu metode yang berusaha mengumpulkan, menyajikan, serta menganalisis fakta sehingga diperoleh suatu gambaran yang cukup jelas, mengenai objek yang diteliti yang kemudian diolah menjadi data untuk dianalisis sehingga dapat menghasilkan suatu kesimpulan dengan teori-teori yang relevan. Subyek penelitian ini adalah perusahaan yang bergerak di bidang tekstil dan beralamat di Jalan Dayang Sumbi, Bandung, Jawa Barat. Hasil perbandingan antara metode konvensional dengan metode ABC, menunjukkan bahwa perhitungan harga pokok menggunakan metode ABC lebih akurat karena pembebanan biaya overhead dalam metode ABC berdasarkan aktivitas yang dilalui produk dan menggunakan lebih dari satu pemicu biaya, selain jam mesin, ada pula jam kerja, batch, dan produk. Berdasar hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa harga pokok menurut metode konvensional untuk produk EA 1103 adalah Rp 18.750,45, produk AA 9703 adalah Rp 21.159,00, dan produk PA 9264 adalah Rp 14.560,00. sedangkan menurut metode ABC, harga pokok untuk produk EA 1103 adalahRp 19.225,00, produk AA 9703 adalah Rp 21.404,00, dan produk PA 9264 adalah13.911,00. Ada perbedaan antara perhitungan harga pokok menggunakan metode konvensional dengan menggunakan metode ABC. Untuk produk EA 1103 mengalami kenaikan sebesar 2,53 %, produk AA 9703 mengalami kenaikan sebesar 1,2 %, dan produk PA 9264 mengalami penurunan sebesar 4,46 %. Perbedaan ini karena adanya pembebanan biaya overhead yang berbeda antara metode konvensional dengan metode ABC. Perbedaan harga pokok antara metode konvensional dengan metode ABC secara otomatis akan mempengaruhi harga jual produk. Bila perusahaan tetap menginginkan tingkat laba seperti saat menggunakan metode konvensional, maka perusahaan harus menaikkan atau menurunkan harga jual produknya.