Studi Deskriptif Mengenai Learning Approach Mata Pelajaran Biologi pada Siswa Siswi SMPN "X" Kelas VIII Kota Bandung
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui learning approach yang dominan digunakan oleh siswa kelas VIII SMPN ”X” Kota Bandung terhadap mata pelajaran Biologi. Sesuai maksud dan tujuan penelitian, maka rancangan penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik survei. Jumlah responden dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN ”X” Kota Bandung sejumlah 180 orang. Alat ukur yang digunakan untuk memperoleh data adalah kuisioner Learning Process Questionnare yang dimodifikasi oleh peneliti berdasarkan teori Biggs (1987), yang terdiri atas 30 item dengan reliabilitas 0,553 dan nilai validitas yang berkisar antara 0,380-0,642 Berdasarkan pengolahan data, diperoleh hasil Learning Approach yang dominan digunakan oleh siswa kelas VIII SMPN ”X” Kota Bandung terhadap mata pelajaran Biologi adalah Surface Approach dengan persentase sebesar 83,9 %, siswa yang menggunakan Deep Approach sebesar 12,8 %, dan siswa yang menggunakan Surface Deep Approach sebesar 3,3 %. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan agar penelitian selanjutnya dapat dikembangkan menjadi suatu penelitian korelasi antara Learning Approach terhadap mata pelajaran Biologi pada siswa kelas VIII SMPN “X” Kota Bandung dengan faktor-faktor yang mempengaruhinya seperti experience in learning institution atau conceptions of learning dll.