Hubungan Antara Prokrastinasi Akademik dengan Prestasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Semester II di Universitas "X" Bandung
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai hubungan antara prokrastinasi akademik dengan prestasi akademik pada mahasiswa Fakultas Kedokteran semester II di Universitas “X” Bandung. Adapun subjek penelitian yang diteliti ialah mahasiswa Fakultas Kedokteran semester II. Peneliti mencoba fokus pada semester II di atas karena di dalam semester II merupakan semester yang di persepsikan oleh mahasiswa umum sebagai semester yang jumlahSKSnya cukup padat, sudah mengalami penyesuaian diri dengan lingkungan Fakultas Kedokteran selama satu semester, terdapat perjanjian pemutusan hubungan studi (DO) tahap pertama. Derajat prokrastinasi akademik dalam perkuliahan akan dapat diatasi bila siswa memiliki suatu kemampuan untuk mempertahankan motivasi belajar agar tidak melakukan penundaan . Tinggi rendahnya derajat prokrastinasi akademik yang dimiliki mahasiswa akan tercermin melalui prestasi akademikya. Subjek dari penelitian ini yaitu mahasiswa Fakultas Kedoketran semester dua, yang diharapkan mereka telah cukup beradaptasi dengan lingkungandan kurikulum perkuliahan di Fakultas Kedokteran. Subjek pun harus mendapatkan mata kuliah dari dosen yang sama sehingga cara mengajar dosen sebagai sebuah variabel dapat dikontrol oleh Peneliti. Penelitian ini menggunakan alat ukur yang dimodifikasi oleh peneliti dengan mengacu pada teori dari Solomon dan Rothblum. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa terdapat hubungan yang negative dan moderat antara prokrastinasi akademik dan prestasi akademik pada mahasiswa semester dua Fakultas Kedokteran. Hal ini berarti tinggi rendahnya derajat prokrastinasi akademik tercermin dalam prestasi akademik mahasiswa. Walaupun demikian, kesimpulan di atas memunculkan gagasan dan potensi mengenai pentingnya prokrastinasi akademik dalam pencapaian prestasi akademik