Pengaruh Attitude Toward Advertising Terhadap Consumer Purchase Intention: Socioeconomic Factors Sebagai Variabel Anteseden

Main Author: Cen Lu, -
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.maranatha.edu/5300/7/Cover%20CFP%202013.pdf
http://repository.maranatha.edu/5300/1/Artikel%20CFP%202013%20-%201.pdf
http://repository.maranatha.edu/5300/
Daftar Isi:
  • Sikap konsumen terhadap iklan merupakan sikap suka atau tidak suka konsumen terhadap stimulus tertentu pada saat penayangan iklan. Sikap konsumen yterhadap iklan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yang meliputi isi pesan iklan, pengaruh suatu iklan terhadap suasana hati dan emosi konsumen, namun tidak bisa dipungkiri bahwa faktor eksternal memberikan pengaruh terhadap sikap konsumen pada iklan. Hal ini yang membuat beberapa peneliti dalam bidang perilaku kosnusmen cukup member perhatian pada faktor eksternal. Berbagai faktor eksternal dalam perklanan ini menentukan sikap global masyarakat terhadap periklanan. Salah satu faktor eksternal yang dapat memengaruhi attitude toward advertising adalah socioeconomic factors. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner pada masyarakat di sekitar lingkungan Universitas Kristen Maranatha yang pernah melihat iklan Olay di media televise. Pengujian dan pengolahan data menggunakan bantuan software SPSS 11.5 dengan metode regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor socioeconomic tidak mempengaruhi attitude toward advertising dan attitude toward advertising tidak mempengaruhi consumer purchase intention.