Hubungan antara Brand Image dan Loyalitas Membeli Telepon Selular Merek Sony Ericsson pada Mahasiswa Universitas "X" Bandung
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan brand image dan loyalitas membeli telepon selular merek Sony Ericsson pada mahasiswa Universitas “X” Bandung. Sampel penelitian ini adalah 101 orang mahasiswa Universitas “X”Bandung yang menggunakan telepon selular merek Sony Ericsson atas pilihan sendiri. Teori yang digunakan adalah marketing mix dari Philip Kotler(2000) dan loyalitas membeli dari Schiffman & Kanuk (1997). Brand image pada penelitian ini terdiri atas 4 aspek, yaitu aspek product, price, promotion dan place atau disebut juga dengan 4P. Alat ukur yang digunakan adalah Kuesioner Brand Image dan Kuesioner Loyalitas Membeli yang disusun berdasarkan teori-teori di atas. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode ex post facto, maksudnya sample dalam penelitian ini tidak diberikan perlakuan (treatment) khusus atau manipulasi terhadap subyek yang diamati dan diteliti, hanya berdasarkan pada kenyataan yang ada pada saat ini. Sementara data yang didapat berskala ordinal dan diolah SPSS 14.0. Berdasarkan hasil penelitian didapati bahwa brand image keseluruhan mahasiswa tergolong cenderung positif. Mahasiswa secara keseluruhan tergolong loyal terhadap telepon selular merek Sony Ericsson. Selain itu didapati juga hubungan yang tergolong rendah antara brand image dan loyalitas membeli telepon selular merek Sony Ericsson pada mahasiswa Universitas “X” Bandung. Saran bagi penelitian selanjutnya adalah melakukan penelitian untuk membandingkan brand image telepon selular merek Sony Ericsson dengan merek lainnya.