Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran mengenai loyalitas konsumen terhadap produk ponsel Nokia. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa fakultas psikologi universitas kristen maranatha di kota bandung yang menggunakan Ponsel Nokia dengan rentang usia antara 17 hingga 25 tahun. Penelitian ini dikelompokan kepada penelitian survey, dengan menggunakan metoda penarikan sampel Accidental Sampling, dimana dalam jangka waktu satu minggu, anggota populasi yang memenuhi karakteristik penelitian dijadikan sampel, dan diperoleh 289 responden. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuesioner Loyalitas Konsumen yang dirancang oleh peneliti berdasarkan teori dari Dick and Basu (1994). Berdasarkan Uji Validitas Spearman Ro dan Reliabilitas Alpha Cronbach dengan menggunakan program SPSS for Windows versi 11.5 diperoleh 36 item diterima dengan validitas 0.3076 – 0.8014, dan reliabilitas sebesar 0.9353. Hasil penelitian ini dibahas menggunakan teknik distribusi frekuensi dan tabulasi silang. Hasilnya persentase tertinggi tingkatan Loyalitas Konsumen terhadap Produk Ponsel Nokia pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Kristen Maranatha berada pada kategori Loyalitas True Loyalty sebanyak 41.2% yang kemudian diikuti oleh kategori Latent Loyalty (39.1%), Spurius Loyalty (10%) dan No Loyalty (9.7%) Dari hasil penelitian ini juga diketahui bahwa faktor kebiasaan, komponen merek, dan faktor situasi mempengaruhi Loyalitas mahasiswa terhadap produk ponsel Nokia. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti mengajukan saran untuk dilakukannya penelitian lanjutan dengan menghubungkan Brand Loyalty dengan jenis kelamin, self-concept maupun self-esteem. Untuk pihak Nokia disarankan agar lebih mewaspadai pesaing-pesaing yang muncul, kemudian memperkuat komponen merek Nokia dan mengevaluasi program loyalitas. Sehingga Nokia dapat memperkuat dan menjaga posisinya dalam persaingan pasar.