Analisis dan Usulan Strategi Pemasaran (Studi Kasus Di Dealer CV. Bandung Motorcycle, Jl. Dr.Junjunan No.11, Bandung)
Daftar Isi:
- CV. Bandung Motorcycle merupakan salah satu dealer resmi Suzuki yang berlokasi di jalan Dr. Junjunan no 11, Bandung sejak April 2003. Pada tahun 2005 penjualan di dealer ini mengalami peningkatan omset penjualan, yang pada awalnya hanya berkisar antara Rp 10-20 juta per bulan naik menjadi Rp 50-60 juta per bulan. Akan tetapi kenaikan omset penjualan ini hanya berlangsung hingga tahun 2007. Hal ini dapat dilihat Sejak bulan Mei 2008, dealer ini mengalami penurunan omset sebesar ±25-30% yaitu menjadi Rp 35-42 juta per bulan, omset hingga sekarang relatif tetap dan belum mengalami peningkatan lagi. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumen dalam membeli suatu produk, apa yang bisa menjadi strategi differensiasi, faktor yang dianggap tidak unggul oleh konsumen, dan bagaimana segmentasi pasar. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan penyebaran kuesioner. Kuesioner pendahuluan disebarkan di dealer ini untuk mengetahui siapa yang menjadi pesaing dari dealer. Kuesioner penelitian disebarkan menggunakan teknik Purposive sampling dan Quota sampling. Variabel penelitian dibuat dan disusun berdasarkan bauran pemasaran 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Physical Evidence, Process). Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan metode untuk mencari jumlah cluster analysis, uji validitas dan reliabilitas,serta uji hipotesis kepentingan. Target pasar untuk cluster 1 yaitu masyarakat yang berdomisili di daerah Bandung Utara dan Bandung Barat yang berusia 18-30 tahun, pekerjaannya sebagai pelajar/mahasiswa dan pegawai negeri, tingkat penghasilan antara Rp1.200.000 – Rp4.000.000, Uang saku untuk pelajar/mahasiswa sebesar Rp 700.000 – Rp2.300.000, serta masyarakat yang suka membaca media cetak Pikiran Rakyat dan Seputar Indonesia selain itu juga masyarakat yang sering mendengarkan radio dari siaran Oz radio dan Prambors dan yang sering mengunjungi mall Ciwalk dan mall BIP. Perbedaan target pasar untuk cluster 2 yaitu pada pekerjaannya yaitu sebagai pegawai swasta, uang saku untuk pelajar/mahasiswa sebesar >Rp1.500.000, selain itu juga masyarakat yang sering mendengarkan radio dari siaran 99ners dan Prambors serta yang sering mengunjungi mall PVJ dan mall Ciwalk. Usulan perbaikan diperoleh dari prioritas perbaikan kemudian dihubungkan dengan perilaku konsumen,target pasar, dan positioning. Usulan perbaikan berupa perubahan pada ruang tunggu sehingga konsumen merasa nyaman, penurunan harga produk, memberikan garansi service yang lama, menawarkan suku bunga yang murah, proses administrasi yang cepat, melakukan iklan di surat kabar atau radio, sering mengadakan event dan promo di mall, menambah jumlah produk yang dijual, memberikan pelatihan kepada karyawan sehingga karyawan lebih ramah, penjelasan karyawan lebih jelas, cepat mengerti apa yang konsumen tanyakan, serta kelihatan menarik dan rapi, memberikan diskon ketika membeli produk, menambahkan waktu dalam pembayaran kredit motor, menambahkan besarnya nilai undian ketika membeli produk, memberikan banyak jenis garansi, selain itu memudahkan dalam proses keluarnya STNK sepeda motor.