Studi Deskriptif Mengenai Self-Regulation Akademik pada Siswa Kelas X SMA 'X' Bandung
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Self-Regulation Akademik pada siswa kelas X SMA ‘X’ Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik survei. Populasi sasaran adalah seluruh siswa kelas X SMA ‘X’ sebanyak 104 orang. Alat ukur yang digunakan adalah Academic Self Regulation Questionnaire (SRQ – A) yang disusun oleh Deci & Ryan. Berdasarkan hasil uji validitas dengan menggunakan rumus korelasi Pearson dan uji reliabilitas dengan menggunakan rumus koefisien reliabilitas Alpha Croncbach diperoleh 32 item yang diterima, dengan validitas berkisar antara 0.431 – 0.706 dan reliabilitas sebesar 0.603. Data hasil penelitian bahwa sebagian besar (63.46%) siswa memiliki Identified Regulation, sebagian (21.15%) memiliki External Regulation, Sebagian (13.46%) memiliki Introjected Regulation, dan sebagian kecil (1.92%) memiliki Intrinsic Regulation. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti mengajukan saran kepada siswa kelas X SMA ‘X’ untuk membentuk kelompok belajar sebagai sarana untuk diskusi membahas pelajaran yang diberikan di sekolah sehingga dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi para staf pengajar SMA ‘X’ Bandung untuk mencari metode mengajar yang lebih menarik agar menunjang dan mendorong siswa untuk mengatur tingkah lakunya mencapai hasil belajar yang optimal. Bagi orang tua siswa kelas X SMA ‘X’ disarankan untuk lebih memberikan dukungan terhadap kegiatan belajar siswa, memberikan masukan dan pengawasan terhadap siswa. Peneliti pun mengajukan saran agar dilakukan penelitian serupa dengan menghubungkan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap Self-Regulation Akademik seperti keterlibatan orang tua, guru, teman dan kondisi fisik siswa.