Hubungan Antara Tipe Self Regulation-Akademik dan Prestasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Angkatan 2000 Universitas "X" Bandung
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara type self regulation-akademik dan prestasi akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi angkatan 2000 Universitas “X” Bandung. Teori yang digunakan adalah self regulation-akademik dari Deci & Ryan (1985), sedangkan teori prestasi akademik yang digunakan adalah teori Winkel (1983). Alat ukur yang digunakan untuk mengukur self regulation-akademik adalah kuesioner self regulation-akademik yang telah dimodifikasi oleh peneliti yang terdiri dari 48 item. Sedangkan alat ukur prestasi akademik yang digunakan adalah IPK semester 8. Berdasarkan pengolahan data secara statistik, maka diperoleh H0 ditolak yang artinya bahwa terdapat hubungan antara tipe self regulation-akademik dan prestasi akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi angkatan 2000 Universitas “X” Bandung. Dari pembahasan dapat disimpulkan bahwa bila self regulation-akademik mahasiswa semakin mengarah ke tipe intrinsic regulation maka prestasi akademiknya akan cenderung ke arah tinggi. Demikian juga sebaliknya bila self regulation-akademik semakin mengarah ke tipe external regulation maka prestasi akademik akan cenderung ke arah rendah. Ditemukan bahwa mahasiswa dengan tipe external regulation memiliki prestasi akademik cenderung sedang. Sebaliknya mahasiswa dengan tipe intrinsic regulation memiliki prestasi belajar yang cukup tinggi.Saran bagi penelitian ini kepada mahasiswa disarankan untuk membina self regulation-akademiknya ke arah tipe intrinsic regulation.