Daftar Isi:
  • PT. Gunaparamita Primasatya adalah anak perusahaan dari perusahaan PT. Mulia Keramik, dimana PT. Gunaparamita Primasatya adalah perusahaan yang bergerak dalam memproduksi karton box. Pada saat ini PT. Gunaparamita Primasatya memiliki permasalahan dengan keterlambatan pengiriman barang jadi ke customer, hilangnya stok bahan baku dan barang jadi di gudang bahan baku dan barang jadi, kemuktahiran data, tidak adanya data proses untuk repeat order dan kesalahan memproduksi produk pemesanan sehingga menyebabkan kerugian berupa kehilangan pelanggan dan berdampak PT. Gunaparamita Primasatya akan kehilangan pemasukan sebesar ±Rp.100.000.000 untuk kurun waktu pemesanan ± 1 bulan. Dari permasalahan yang ada penulis mencoba melakukan penelitian sistem informasi yang digunakan perusahaan pada saat ini.Tujuan penulisan ini untuk menganalisis kelemahan-kelemahan dari prosedur saat ini dan memberikan usulan-usulan yang berguna untuk perusahaan. Penelitian ini tidak membahas pembuatan bahasa progaram software komputer. Dalam pengumpulan data untuk penelitian ini, dilakukan pengamatan langsung kepada seluruh bagian produksi dan wawancara kepada semua bagian yang terkait dengan sistem informasi aliran barang. Data-data yang dikumpulkan dari perusahaan berupa, sejarah singkat perusahaan, struktur organisasi,deskripsi pekerjaan, prosedur kerja dan dokumen-dokumen yang digunakan pada saat ini di perusahaan. Setelah data dikumpulkan, maka data-data diolah dengan membuat diagram alir saat ini dan dianalisis dengan menggunakan PIECES. Salah satu kelemahan prosedur pada saat ini adalah tidak adanya dokumen yang digunakan untuk mengetahui barang yang masuk dan keluar dari gudang barang jadi maupun gudang bahan baku. Hal ini diperlukan usulan perbaikan prosedur sistem yang baru,dimana rancangan usulan perbaikan sistem yang baru, yaitu prosedur kerja usulan, bagan alir program usulan, pembuatan DFD usulan, pembuatan ERD usulan, usulan pembuatan buku laporan keluar masuk barang jadi dan bahan baku di gudang, usulan pembuatan kode-kode barang jadi dan bahan baku di gudang, interface program dan analisis dengan menggunakan PIECES untuk membandingkan usulan dengan sistem yang berjalan saat ini. Dari analisis usulan dengan menggunakan PIECES diambil kesimpulan bahwa usulan yang diberikan lebih baik dari sistem yang berjalan pada saat ini. Dengan Performance yang lebih baik, penyampaian informasi yang lebih cepat didapatkan kepada setiap bagian yang membutuhkan, biaya yang dibutuhkan untuk usulan ini tidak terlalu besar, prosedur yang ada dapat terkontrol, efficiency dapat lebih baik dan services yang diberikan kepada konsumen dapat lebih cepat terpenuhi. Saran-saran yang yang diberikan kepada perusahaan pengadaan buku laporan barang keluar masuk di gudang, pembuatan kode-kode barang di gudang, pembuatan program dengan interface yang diusulkan, dan penambahan prosedur repeat order.