Studi Deskriptif Tentang Expectancy dan Task-Value pada Tenaga Wiraniaga Freelance Kosmetik X di Bandung
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul Studi Deskriptif tentang Expectancy dan Task-Value pada Tenaga Wiraniaga Freelance Kosmetik X di Bandung. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana profil Expectancy dan Task Value untuk meprediksikan perilaku berprestasi pada tenaga wiraniaga. Variabel penelitian ini adalah Expectancy dan Task Value teoriExpectancy and Task Value model of motivation dari Pintrich & Schunk, 2002 Alat ukur yang digunakan untuk menjaring expectancy dan task-value dibuat oleh peneliti berdasar teori teori Expectancy and Task Value model of motivation dari Pintrich & Schunk, 2002. Alat ukur yang digunakan berbentuk kuesioner yang dianalisis dengan cara distribusi freksuensi dan tabulasi silang antara profil expectancy dan task-value dengan faktor-faktor yang melatarbelakanginya. Hasil yang diperoleh adalah 40,5% expectancy rendah dan task-value rendah, 28,6% expectancy tinggi dan task-value rendah, 23,8% expectancy tinggi dan task-value tinggi, 7,1 % expectancy rendah dan task-value tinggi. Sebanyak 23,8 % diprediksikan memunculkan perilaku berprestasi tinggi dan selebihnya memprediksikan perilaku berprestasi yang rendah. Expectancy memiliki keterkaitan paling kuat dengan aspek perception of task difficulty (persepsi akan tingkat kesulitan tugas) dan Task-value mempunyai korelasi paling kuat aspek perceived cost. Expectancy dan task-value berkaitan dengan usia, menunjukkan kematangan usia perkembangan dalam pekerjaan. Tingkatan expectancy dan task-value berkaitan dengan tingkat pendidikan, persepsi yang positif pada produk, pengalaman menjual, penghayatan akan kesulitan tugas, keluasan bergaul berkaitan dan frekuensi mengikuti kegiatan promosi. Faktor-faktor ini memperkuat keyakinan dalam diri tenaga wiraniaga untuk berhasil mencapai prestasi kerja. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah menguji hubungan expectancy dan task-value dengan perilaku berprestasi, dan uji korelasi antara expectancy dan task-value dengan faktor-faktor yang mempengarui. Saran praktis ditujukan pada tenaga wiraniaga PT X untuk memperoleh gambaran tentang proses motivasi dalam diri. dan bagi perusahaan kosmetik X, dapat digunakan untuk proses rekrutment tenaga wiraniaga., serta acuan perencanaan dan pelaksanaan pelatihan pengembangan potensi menjual dengan memperhatikan usaha meningkatkan keyakinan expectancy dan task-value