Studi Deskriptif Mengenai Achievement Goal Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (Suatu Studi Pada Siswa-siswi Kelas 8 SMP X, Bandung)
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui Achievement Goal yang dominan yang dimiliki siswa-siswi kelas 8 SMP X Bandung. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling, dan sampel dalam penelitian ini berukuran 92 orang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner Achievement Goal. Alat ukur ini merupakan modifikasi dari alat ukur achievement goal yang dikembangkan oleh Elliot & McGregor (2001). Alat ukur ini terdiri atas 11 item, yang mengukur 4 jenis achievement goal dengan validas alat ukur pada masing-masing jenis achievement goal yaitu antara 0,527 sampai dengan 0,760 dan reliabilitas alat ukur pada masing-masing jenis achievement goal adalah antara 0,689 sampai 0,862. Hasil penelitian ini menggambarkan achievement goal yang dominan yang dimiliki oleh siswa-siswi kelas 8 SMP X Bandung adalah mastery avoidance goal, yang berarti siswa-siswi kelas 8 SMP X Bandung memiliki tujuan belajar untuk tetap menjaga kemampuannya dan berusaha untuk menghindari kegagalan tanpa mencari informasi lebih dalam dari apa yang dipelajarinya. Berdasarkan hasil penelitian ini maka peneliti mengajukan saran untuk dilakukan penelitian mengenai faktor-faktor yang berpengaruh pada achievement goal.