Analisis Perbandingan Perceived Quality Tomodachi Cafe Dengan Cafe Lainnya Di Bandung
Daftar Isi:
- Tomodachi Cafe merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan jasa / service. Pada penyusunan Tugas Akhir ini, Tomodachi Cafe yang diamati adalah Tomodachi Cafe yang terletak di jalan Rajiman, Bandung. Penelitian ini dilakukan karena Tomodachi Cafe Dr Rajiman yang merupakan salah satu cafe yang cukup terkenal di Bandung yang pada akhir- akhir ini kurang diminati oleh konsumen karena banyaknya cafe – cafe lain yang lebih baik dalam memberikan pelayanan sehingga Tomodachi Cafe Dr Rajiman kalah bersaing dengan cafe – cafe pesaing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap kinerja dari Tomodachi Café Dr Rajiman, untuk mengetahui posisi Tomodachi Cafe Dr Rajiman dalam persaingannya dengan cafe & resto lainnya, dan untuk dapat memberikan usulan kepada Tomodachi Cafe Dr Rajiman dalam meningkatkan Perceived Quality dari Tomodachi Cafe tersebut sehingga dapat bersaing dengan cafe lainnya di Bandung. Model yang digunakan dalam pengolahan data adalah dengan menggunakan uji hipotesis ketidakpuasan, Importance Performance Analysis 4, Correspondence Analysis, Based Rank On Orders, dan Importance Performance Analysis 6. Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner, dimana kuesioner yang dikumpulkan sebanyak 100 responden, dengan teknik sampling yang digunakan adalah purposive dan simple random sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat diketahui bahwa persepsi konsumen atas Tomodachi Cafe Dr Rajiman masih kurang baik apabila dibandingkan dengan café – café pesaingnya, dimana dari 32 atribut yang diuji terdapat 25 atribut yang belum dapat memuaskan konsumen. Selain itu, dari 32 atribut tersebut, terdapat 22 atribut yang terletak pada daerah mutlak tertinggal, 4 atribut pada daerah bersaing, dan hanya terdapat 6 atribut yang berada pada daerah mutlak unggul. Oleh karena itu perlu dilakukan perbaikan kinerja pada beberapa atribut tersebut sehingga dapat memuaskan konsumen yang datang ke Tomodachi Cafe Dr Rajiman. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat dilakukan penentuan target yang bertujuan untuk menyamai harapan konsumen sebanyak 11 atribut, target untuk melebihi pesaing sebanyak 2 atribut, dan target yang perlu dipertahankan ada 1 buah atribut. Berdasarkan target – target tersebut maka penulis dapat memberikan beberapa usulan untuk Tomodachi Cafe Dr Rajiman antara lain adalah mengatur cara parkir mobil, menambah menu – menu pada Tomodachi Cafe Dr Rajiman dan adanya menu – menu spesial pada hari – hari weekend atau hari libur nasional, adanya pegawai yang hanya bertugas menyambut konsumen yang baru datang.