Daftar Isi:
  • Yomart cabang Surya Sumantri terletak di Jl. Prof. Drg. Surya Sumantri No. 70, Bandung. Minimarket ini berdiri pada tanggal 27 Juli 2007. Sejak berdirinya, Yomart cabang Surya Sumantri mengalami tingkat penjualan yang paling rendah dan jumlah pengunjung yang paling sedikit dibandingkan Yomart cabang lainnya di kota Bandung. Yomart cabang Surya Sumantri juga belum mencapai target perusahaan, yaitu: Rp 238.545.000,-/bulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam memilih minimarket, untuk menganalisis posisi persaingan antara Yomart dengan pesaingnya berdasarkan persepsi konsumen, untuk mengetahui kepuasan konsumen terhadap Yomart, untuk mengetahui kondisi eksternal dan internal Yomart, untuk mengetahui segmentasi pasar, targeting, dan positioning bagi Yomart, dan untuk mengetahui upaya apa saja yang perlu dilakukan Yomart untuk meningkatkan penjualannya. Variabel penelitian pada kuesioner pendahuluan menggunakan konsep bauran pemasaran, yaitu: product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process. Kuesioner pendahuluan ini disebarkan kepada 30 responden yang pernah berbelanja di Yomart cabang Surya Sumantri. Penyebaran kuesioner pendahuluan bertujuan untuk mengetahui pesaing bagi Yomart dan untuk mengetahui faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam memilih minimarket dengan menggunakan pengujian Cochran Q test. Hasil pengujian ini digunakan untuk kuesioner penelitian yang disebarkan kepada 130 responden yang pernah berbelanja di Yomart cabang Surya Sumantri dan pesaingnya. Penyebaran kuesioner penelitian ini bertujuan untuk menganalisis posisi persaingan antara Yomart dengan pesaingnya berdasarkan persepsi konsumen, untuk mengetahui kepuasan konsumen terhadap Yomart, dan untuk mengetahui segmentasi pasar, targeting, dan positioning bagi Yomart. Dalam penelitian ini, juga dilakukan wawancara dengan pihak PT Yomart Rukun Selalu untuk mengetahui kondisi eksternal dan internal Yomart cabang Surya Sumantri berdasarkan faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam memilih minimarket, aktivitas PT Yomart Rukun Selalu, dan 5 kekuatan persaingan yang dikemukakan oleh Michael E. Porter. Dari hasil penelitian ini, diketahui bahwa kelemahan dan ketidakpuasan terletak pada variabel Product, Process, dan Physical Evidence. Selain itu, ancaman bagi Yomart adalah persaingan di bisnis ritel dan kebijakan pemerintah. Jadi, usulan bagi Yomart cabang Surya Sumantri yang juga mempertimbangkan kekuatan, kepuasan, dan peluang, serta segmentasi, targeting, dan positioning, antara lain: menyediakan merek dan ukuran produk yang lebih bervariasi untuk jenis produk yang dibeli oleh target pasar, mengoptimalkan kapasitas produk di toko, melakukan pengontrolan terhadap persediaan dan penataan produk di rak, memanfaatkan teknologi untuk mempercepat proses pembayaran, memanfaatkan teknologi untuk menciptakan suhu yang sejuk di dalam toko, mengadakan perjanjian dengan pemasok agar diprioritaskan dalam pengadaan produk baru, mensponsori kegiatan W2M (Welcome to Maranatha), dll.