Usulan Strategi Pemasaran Berdasarkan Analisis Persaingan dan Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Di Indommaret Sarijadi Bandung)
Daftar Isi:
- Indomaret merupakan jaringan minimarket yang dikelola oleh PT Indomarco Prismatama. Salah satu gerainya adalah yang berlokasi di Jalan Sarijadi Sariwangi Blok 24 Bandung. Pada awal berdirinya, penghasilan Indomaret Sarijadi mencapai Rp 250.000.000/bulan, tetapi sejak kemunculan Alfamart dan Yomart penghasilan menurun menjadi rata-rata Rp 90.000.000/bulan. Dengan penelitian ini diharapkan Indomaret Sarijadi mampu memenangkan pasar yang semakin kompetitif. Penelitian ini dilakukan dengan penyebaran kuesioner pendahuluan dan kuesioner penelitian. Kuesioner pendahuluan terdiri dari 40 Atribut yang berpedoman pada konsep 7P. Kuesioner ini disebarkan kepada 30 konsumen minimarket kemudian diolah dengan uji Cochran. Uji Cochran bertujuan untuk mengetahui atribut mana yang dianggap penting oleh konsumen saat berbelanja di minimarket. Hasil pengolahan uji Cochran adalah 19 atribut yang dianggap penting oleh konsumen. Hasil ini digunakan sebagai variabel kuesioner penelitian. Kuesioner penelitian disebarkan kepada 100 responden yang sudah pernah berbelanja di ketiga minimarket. Kemudian, variabel penelitian diolah dengan uji gap konsumen untuk mengetahui apakah konsumen puas atau tidak dengan kinerja Indomaret Sarijadi. Lalu, diolah dengan importance performance analysis untuk mengetahui perbandingan performansi dan kepentingan atribut, serta diolah dengan correspondence analysis untuk mengetahui kelemahan dan keunggulan Indomaret Sarijadi. Selain itu, di dalam kuesioner penelitian ditambahkan 10 atribut tentang segmentasi yang diolah dengan statistik deskriptif. Dari hasil ini maka dapat ditentukan segmen pasar mana yang akan dilayani (targeting), untuk kemudian dilakukan perancangan citra perusahaan (positioning). Hasil pengolahan data menyatakan bahwa konsumen tidak puas dengan kinerja Indomaret Sarijadi. Selain itu diperoleh hal-hal yang menjadi kelemahan dan keunggulan Indomaret Sarijadi saat ini. Kelemahan Indomaret Sarijadi diantaranya: kejelasan daftar harga, kemasan yang baik, kecepatan proses pembayaran di kasir, petugas kasir menghitung uang kembalian dengan tepat, cahaya lampu terang/tidak remang-remang. Sedangkan beberapa keunggulan Indomaret Sarijadi adalah kesesuaian harga saat pembayaran dengan daftar harga, keramahan karyawan, kesiapan karyawan saat dibutuhkan pelanggan, penampilan karyawan bersih, suhu ruangan sejuk. Dari hasil pengolahan data dapat diberikan beberapa usulan kepada Indomaret Sarijadi, yaitu: melengkapi produk yang belum ada, pencetakan ulang label harga dengan kualitas tinta yang baik dan terang, pemberitahuan promo/diskon oleh kasir, pelatihan dan evaluasi berkala terhadap karyawan, serta pemberian potongan harga indomaret card prabayar bila melakukan pembelian sejumlah tertentu.