Analisa Differential Cost Sebagai Alat Bantu Manajemen Dalam Pengambilan Keputusan Membeli Atau Membuat Frame Sendiri Pada Perusahaan X
Daftar Isi:
- Seiring dengan semakin berkembangnya perokonomian dunia, peluang dan hambatan yang dihadapi oleh setiap perusahaan semakin banyak sehingga persaingan pun semakin padat. Agar perusahaan dapat bertahan menghadapi persaingan tersebut, perusahaan harus memiliki manajemen yang professional. Salah satu bentuk manajemen yang professional dapat dilihat dalam keputusan yang diambilnya. Salah satu keputusan penting yang hampir setiap perusahaan distribusi hadapi adalah pengambilan keputusan untuk membuat produk sendiri atau membeli dari pihak luar. Alat bantu yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan tersebut adalah analisa differential cost. Atas dasar inilah penulis mengadakan penelitian dan menyajikannya dalam skripsi dengan judul : “Analisa Differential Cost Sebagai Alat Bantu Manajemen Dalam Pengambilan Keputusan Membeli Atau Membuat Frame Sendiri Pada Perusahaan X”. Penelitian ini penulis lakukan di Perusahaan X yang tengah menghadapi sebuah situasi untuk memilih antara membuat frame sendiri atau membeli dari pihak luar untuk meningkatkan keuntungan. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah studi kasus, jenis penelitiannya adalah analisa deskriptif, dan analisa data yang digunakan adalah analisa differential cost. Berdasarkan penerapan analisa differential cost pada alternatif antara membuat frame sendiri atau membeli dari pihak luar yang dihadapi oleh Perusahaan X, penulis dapat menyimpulkan bahwa alternatif pilihan yang paling menguntungkan bagi perusahaan adalah dengan membuat frame sendiri. Dari hasil penelitian ini, penulis dapat menyarankan agar perusahaan sebaiknya menerapkan analisa differential cost dalam pengambilan keputusan membeli atau membuat sendiri agar dapat menghindari pengambilan keputusan yang salah.