Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui harapan-harapan konsumen, kelemahan kinerja Mitra, dan meningkatkan persepsi konsumen, dengan semua itu diharapkan dapat menentukan target dari Mitra untuk menghadapi pesaing- pesaingnya. Masalah yang dihadapi Mitra adalah konsumen lebih memilih pesaing-pesaingnya daripada Mitra Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini dimulai dari Studi Pendahuluan, identifikasi masalah, Pembatasan Masalah, perumusan masalah, penentuan tujuan dan manfaat penelitian, lalu mulai melakukan penentuan variabel penelitian, menentukan populasi, menentukan teknik sampling, menentukan ukuran sampling, penyusunan kuesioner uji coba, uji validitas konstruk, penyebaran kuesioner uji coba, uji validitas dan realibilitas eksternal, penyebaran kuesioner penelitian 242 responden, diuji kecukupan dan kelengkapan data, kemudian dilanjutkan dengan pengolahan data dengan Hipotesis Ketidakpuasan, IPA 4 Kuadran, IPA 6 Kuadran, untuk mengetahui kepuasan para pelanggan, tingkat kinerja Mitra dibanding tingkat kepentingan, dan posisi Mitra dari pesaing-pesaingnya Hasil pengolahan data dan analisis dari data-data yang berhasil dikumpulkan diketahui bahwa tingkat kepuasan konsumen terjadi pada 21 atribut dan konsumen merasa tidakpuas pada 10 atribut. Pada IPA 4 Kuadran didapat 9 atribut berada pada kategori Underact, 13 atribut masuk ke dalam kategori maintain, 5 atribut berada pada kategori Low Priority, dan 4 atribut masuk kedalam kategori Overact. Untuk IPA 6 Kuadran didapat 2 atribut yang Mutlak Tertinggal, 15 atribut Berada pada posisi bersaing, dan 1 atribut Mutlak tertinggal Berdasarkan hasil pengolahan data dan analisis data diusulkan target untuk Mitra, yaitu 15 atribut diberi target mengungguli pesaing, dan 2 target diberi target menyamai pesaing Saran bagi Mitra adalah Untuk target mengungguli pesaing Mitra harus lebih meningkatkan standar dari yang sudah dilakukan, dengan melihat apa yang diinginkan oleh para penumpang. Dengan melihat musik apa yang diinginkan penumpang, dan memperbaiki sound system pada mobil dengan menambahkan earphone, melakukan upgrade pada kursi mobil, untuk ditambahkan 2 pembatas kecil di bagian kan dan kiri sandaran kepala pada kursi, mengubah sistem menjadi shuttle system, ada koordinasi yang bagus antara resepsionis dan sopir, sopir - sopir Mitra harus mengalami seleksi berdasarkan kesabaran dan rasa hormat pada penumpang, menambahkan fasilitas bengkel, resepsionis harus konsisten dalam mencatat pesanan nomer kursi dan pandai dalam bernegosiasi dengan penumpang, dilakukan pemeriksaan kondisi sopir. Sedangkan untuk target menyamai pesaing, Mitra harus dapat melihat apa keunggulan yang tidak dimiliki oleh Mitra dibanding travel lainnya. Saran penulis untuk dapat menyamai pesaing-pesaingnya, hal-hal harus yang dilakukan Mitra adalah, mengganti kulit jok dengan karet sintetis. Memberi tugas pada sopir yang lebih mengenal daerah pengantaran.