Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul Analisis Peta Posisi untuk Menyusun Strategi Pemasaran (Studi kasus : PT.Agronesia (BMC), Bandung). Peta posisi yang dimaksud disini adalah posisi BMC terhadap pesaingnya yaitu Susu Murni Lembang dan Yoghurt Cisangkuy. Rancangan alat ukur disusun peneliti mengacu pada taktik menyusun strategi pemasaran berdasarkan Bauran Pemasaran yang terdiri dari product, price, place, promotion (Hermawan Kertajaya : 2001). Metoda pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang dilakukan terhadap 150 orang responden yang pernah mencicipi makanan & minuman di ketiga tempat makan, wawancara dan catatan-catatan perusahaan. Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen berdasarkan 4P dilakukan perhitungan statistik menggunakan Confirmatory Factor Analysis. Sedangkan untuk mengetahui posisi BMC terhadap pesaingnya yaitu Susu Murni Lembang dan Yoghurt Cisangkuy digunakan Correspondence Analysis. Terakhir, digunakan Analisis Klaster dan Tabulasi Silang (Crosstab) untuk mengelompokkan responden dan mengidentifikasikannya. Faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam memilih tempat makan berdasarkan aspek Product adalah keramahan pramusaji, nilai kesehatan produk, variasi menu, kemasan produk menarik, pramusaji murah senyum, kebersihan produk, waktu menunggu pesanan cepat, pramusasji mengerti produk, kerapihan pramusaji, suhu produk disajikan sesuai dengan produknya Berdasarkan aspek Price adalah harga terjangkau, harga termasuk pajak, harga tertulis di buku menu, diskon fasilitas credit card dan adanya harga promosi. Sedangkan dilihat dari aspek Place adalah tempat parkir luas, interior nyaman, kebersihan wastafel, akses tidak macet, bentuk bangunan menarik, pemandangan indah (goodview), letak mudah ditemukan. Terakhir dari aspek Promotion adalah sponsor acara, iklan, informasi di iklan mudah dipahami, hiburan. Dari peta posisi didapat bahwa keunggulan BMC dibandingkan pesaingnya sudah mencakup empat aspek bauran pemasaran yaitu product, price, place, promotion. Strategi pemasaran yang disusun ditujukan kepada segmen 1, segmen 2 dan segmen 4. Untuk meraih ketiga segmen tersebut BMC perlu memperhatikan kinerja pramusaji, penampilan produk, memperluas tempat parkir dan menurunkan harga. Saran untuk BMC yang didapat dari kuesioner 1 adalah menambah jenis produk yang ditawarkan, menyediakan fasilitas credit card, membuka cabang di tempat lain yang lebih strategis ,adanya iklan baik melaui media cetak maupun elektronik.