Daftar Isi:
  • Tingginya tingkat permintaan masyarakat Indonesia akan Toyota Avanza dalam kurun waktu yang relatif singkat pada masa sekarang ini, membuat perusahaan ingin mengetahui faktor / variabel apa saja yang menyebabkan konsumen memilih Toyota Avanza. Masukan ini sangat dibutuhkan perusahaan untuk produk Toyota Avanza selanjutnya dan juga produk lainnya. Dalam penelitian ini digunakan teknik pengambilan Simple Random Sampling. Kemudian dilakukan pengujian instrumen validitas dan reliabilitas yang dibantu dengan program SPSS 12.0 for windows. Ditindaklanjuti pengolahan data profil konsumen dengan crosstabs dan pengolahan data kuesioner bagian kedua yang berisi faktor – faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membeli Toyota Avanza dengan uji kesenjangan dan peta IPA. Serta membuat segmentasi, target, dan posisi pasar baru berdasarkan crosstabs, yang ditindaklanjuti dengan memberikan usulan strategi pemasaran. Melalui penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa faktor – faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membeli Toyota Avanza yaitu pelayanan after sales, pameran secara intensif, harga jual kembali, iklan yang menarik, sistem suspensi, jumlah tempat duduk, kapasitas mesin ( CC ), pilihan warna yang menarik, lokasi dari distributor, persediaan suku cadang, persediaan unit, gambaran merek, brosur yang menarik, aksesoris, kendaraan yang hemat bahan bakar, daftar harga yang lengkap, kredit yang ringan, jangka pembayaran yang sesuai, bonus yang menarik, personal selling, discount, pelayanan sebelum membeli, artikel di media, pengaruh mouth to mouth, layanan asuransi. Setelah didapat hasil dari profil konsumen maka didapat hasil bahwa segmentasi Avanza adalah konsumen dengan daya beli Rp 60 jt – Rp 130 jt, daya cicil Rp 3,5 jt – Rp 5 jt, usia 30 – 40 tahun, keluarga inti 3 – 5 orang, pekerjaan wiraswasta , kesetiaan kadang – kadang berubah. Berdasarkan uji gap didapat bahwa variabel – variabel yang perlu diperhatikan adalah: aksesoris yang dimiliki lengkap, pada waktu membeli persediaan unit selalu ada sehingga tidak perlu menunggu, perusahaan memberikan pelayanan service yang memuaskan, adanya pameran secara intensif, dan adanya iklan yang menarik Sehingga berdasarkan hasil penelitian yang didapat maka dapat diberikan usulan strategi pemasaran baik bagi pihak dealer maupun pihak produsen seperti memberikan pilihan aksesoris yang lebih lengkap, pilihan warna yang lebih variatif, pilihan kapasitas mesin (CC), meningkatkan saluran distribusi mobil dengan meningkatkan produktifitas, memantau kelengkapan persediaan suku cadang secara rutin dengan meningkatkan sistem distribusi barang, memberikan pelatihan kepada pekerja secara rutin, menurunkan biaya operasional, serta memuat artikel dan iklan mengenai Avanza pada media masa untuk strategi penentuan posisi di masa yang akan datang.