Peranan Controller Dalam Pengendalian Penjualan Guna Meningkatkan Efektivitas Penjualan (Studi Kasus Pada PT. X, Bandung)
Daftar Isi:
- Tujuan utama perusahaan adalah mendapatkan laba yang optimal dengan menggunakan biaya yang efisien. Untuk memperoleh laba yang optimal perusahaan melakukan penjualan, yang merupakan aktivitas terpenting dalam setiap perusahaan. Hasil penjualan suatu produk merupakan sumber pendapatan bagi perusahaan disamping untuk menjamin kelangsungan hidup perusahaan dan kemajuan perusahaan itu sendiri. Dalam mencapai tujuan tesebut dan sasaran perusahaan harus dikelola secara efektif dengan menggunakan fungsi-fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian dan pengendalian untuk meningkatkan efektivitas penjualan dalam perusahaan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pelaksanaan pengendalian penjualan yang dilaksanakan oleh PT. X. Dan untuk mengetahui peranan controllerdalam pengendalian penjualan guna menunjang peningkatan efektivitas penjualan jasa pada PT. X. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif yang bertujuan untuk memberikan gambaran yang jelas mengenai objek penelitian dengan cara mengumpulkan data dan kemudian diambil kesimpulan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan kuesioner yang diberikan ke beberapa responden terpilih. Dari hasil penelitian dan pembahasan mengenai pengendalian penjualan pada PT. X, menurut kuesioner diperoleh bahwa, controller cukup berperan dalam pengendalian penjualan. Kesimpulan yang diperoleh berdasarkan hasil pembahasan dan hasil penyebaran kuesioner menunjukan hasil sebesar 68, 6 % untuk variabel independen (peranan controller dalam pengendalian penjualan) dan 70 % untuk variabel dependen (efektivitas penjualan). Dengan demikian peranan controller berperan dalam pengendalian penjualan guna menunjang efektivitas penjualan.