Pengaruh Penambahan Beban pada Rangka Atap Terhadap Lendutan

Main Authors: Husada, Ginardy, Christine, Maria
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Terbitan: Jurusan Teknik Sipil UK. Maranatha , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.maranatha.edu/3921/1/Pengaruh%20Penambahan%20Beban%20pada%20Rangka%20Atap%20Terhadap%20Lendutan.pdf
http://repository.maranatha.edu/3921/
Daftar Isi:
  • Kegagalan struktur rangka batang biasanya dipengaruhi oleh beban yang bekerja, karena beban yang bekerja pada suatu rangka batang mempengaruhi lendutan, maka kegagalan dari rangka batang biasanya karena lendutan yang terlalu besar akibat beban, Dalam penelitian ini akan dicoba 5 model rangka batang dengan beban dititik buhul atas dimana beban yang bekerja terus ditingkatkan sampai melampaui lendutan ijin yang biasanya diberlakukan pada rangka atap Hasil dari penelitian ini secara umum lendutan yang terjadi akibat penambahan beban pada rangka atap bersifat linier. Akibat beban 3000 kg, Lendutan yang paling kecil dititik tengah batang bawah adalah Model D = 2,4019 cm, dan lendutan terbesar dititik tengah batang bawah adalah Model A = 3,1124 cm. Bentuk segmen rangka Model E. untuk batang bawah. Lendutan maksimum tidak terjadi pada tengah bentang titik 5 = 2,5450 cm, lendutan maksimum terjadi pada titik dikiri-kanannya titik tengah yaitu titik 4 dan titik 6 = 2,6129 cm, Gaya tarik batang maksimum akibat beban 3000 kg terjadi pada batang tepi bawah Model a dan model B sebesar = 24.000 kg, Gaya tekan batang maksimum terjadi pada batang tepi atas Model D sebesar = 22.966,1 kg,