Daftar Isi:
  • Sejalan pesatnya teknologi yang semakin maju serta kondisi ekonomi saat ini menjadikan kompetisi usaha semakin bersaing, tak terkecuali dalam dunia bisnis ecommerce. Perkembangan bisnis e-commerce yang semakin pesat seiring dengan perkembangan teknologi saat ini mendorong Shopee turut serta dalam bisnis ini. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan e-commerce Shopee terhadap kepuasan konsumen pada mahasiswa/i Universitas Kristen Maranatha yang menggunakan aplikasi Shopee. Metode pengambilan sampel yang digunakan oleh peneliti adalah metode purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa/i Universitas Kristen Maranatha yang menggunakan aplikasi E-Commerce Shopee, sebanyak 179 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Kualitas pelayanan e-commerce Shopee memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen, dengan nilai sig sebesar 0,000. (2) Dari koefisien determinasi diketahui kualitas pelayanan mampu menjelaskan variabel kepuasan konsumen sebesar 42,6% sedangkan sisanya sebesar 57,4% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti.