Daftar Isi:
  • Selain sebagai kebutuhan primer untuk keberlangsungan hidup manusia, makanan dan minuman sudah bertambah nilainya menjadi identitas suatu kelompok masyarakat. Sehingga saat akan memutuskan untuk makan dan minum pelanggan tidak hanya sekedar mencari rasa, namun juga pengalaman saat menikmati hidangan yang disuguhkan. Para pebisnis melihat trend ini sebagai peluang untuk mendapatkan keuntungan dengan cara mempertemukaan kepuasan pelanggan dengan menyediakan produk dan jasa yang sesuai. Hal tersebut yang yang menjadi titik awal penelitian ini dilakukan, yaitu untuk mengetahui bagaimana kepuasan pelanggan terhadap pelayanan oleh sebuah Restaurant Sunda yang bernama Dapoer Pandan Wangi Sunda Resto. Peneliti menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD) untuk mengetahui data customer needs melalui kuesioner dan dibantu dengan House of Quality (HOQ) sebagai alat pengolahan data. Langkah selanjutnya yang dilakukan setelah data tentang customer needs diolah dengan House of Quality, yaitu menentukan faktor-faktor prioritas yang harus segera ditindak lanjuti untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan Dapoer Pandan Wangi Sunda Resto. Adapun urutan prioritas solusi untuk permasalahan pelayanan yang dihadapi adalah sebagai berikut: memberikan pelatihan kepada karyawan, merancang SOP Service, merekrut karyawan yang cermat dan teliti, menambah kipas angin uap air untuk area outdoor, melaksanakan kontrol SOP secara berkala, membuat papan peringatan untuk tidak meninggalkan barang berharga di dalam kendaraan.