Daftar Isi:
  • Masa pandemi COVID-19 telah mengubah tatanan pendidikan dari tatap muka menjadi virtual. Akibatnya diperlukan media yang dapat membantu para pendidik untuk dapat menyampaikan materi secara baik dan menarik kepada peserta didiknya. Dalam hal ini, pendidik di lingkungan sekolah dasar mengalami kesulitan terhadap penggunaan platform virtual karena keterbatasan penguasaan teknologi maupun hambatan penguasaan perangkat elektronik. Tujuan kegiatan ini untuk: 1) memberikan penguatan kemampuan penguasaan teknologi yang digunakan dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ), dan 2) meningkatkan kerja sama dan citra Ikatan Kekeluargaan Perempuan Maranatha kepada masyarakat luas. Metode yang digunakan adalah metode Aset Based Community Development (ABCD) dengan pendekatan pendampingan dan praktik. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring yang diikuti oleh 50 tenaga pendidik sekolah dasar di Tangerang. Pada akhir kegiatan, peserta pelatihan mendapatkan wawasan dan mempraktikkan tentang teknik dan tips pembuatan materi PJJ dengan menggunakan power point yang komunikatif untuk mendukung proses belajar daring.