Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan gambaran mengenai pengaruh trait kepribadian big five secara simultan dan parsial terhadap masing-masing tingkat dari celebrity worship pada remaja penggemar BTS berusia 12-22 tahun di Bandung. Subyek penelitian berjumlah 450 orang. Alat ukur yang digunakan untuk trait kepribadian big five adalah Big Five Inventory dan untuk celebrity worship adalah Celebrity Attitude Scale. Berdasarkan uji validitas dengan menggunakan korelasi Pearson Product Moment diperoleh 44 item Big Five Inventory valid dengan validitas berkisar antara 0,427 – 0,736 dan 30 item Celebrity Attitude Scale valid dengan validitas berkisar antara 0,363 – 0,893. Reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dengan reliabilitas Big Five Inventory berkisar antara 0,714 – 0,811 dan reliabilitas Celebrity Attitude Scale berkisar 0,773 – 0,814 yang berarti alat ukur yang digunakan reliabel. Berdasarkan pengolahan data, trait kepribadian big five secara simultan memberikan pengaruh pada setiap tingkat celebrity worship. Conscientiousness, openness to experiences, dan neuroticism memberikan pengaruh yang signifikan terhadap entertainment-social. Extravesion dan agreeableness tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap entertainment-social. Agreeableness, conscientiousness, openness to experiences, dan extraversion memberikan pengaruh yang signifikan terhadap intense-personal. Neuroticism tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap intense-personal. Agreeableness dan neuroticism memberikan pengaruh yang signifikan terhadap borderline-pathological. Conscientiousness, openness to experiences, dan extraversion tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap borderline-pathological. Peneliti mengajukan saran melakukan penelitian lebih lanjut terkait pengaruh trait kepribadian big five terhadap masing-masing tingkat celebrity worship, dengan subyek dengan jenis kelamin berbeda, dan melakukan penelitian dengan pengaruh-pengaruh lain dari celebrity worship seperti usia, jenis kelamin, fungsi kognitif, dan keterampilan sosial.