ctrlnum 30026
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Usulan Perancangan Dan Perbaikan Sistem Informasi &#xD; (Studi Kasus : Tritama Telview - Bandung)</title><creator>Fritz Hendra, Rafael(1423027)</creator><subject>TA Engineering (General). Civil engineering (General)</subject><description>Penelitian ini dilakukan di Tritama Telview yang terletak di Jalan Kebonjati No. 157 Bandung. Tritama Telview merupakan perusahaan yang bergerak di bidang security system sejak tahun 2011. Perusahaan ini berfokus pada penjualan produk CCTV, alarm, dan access control. Selain menjual produk, perusahaan ini juga melayani untuk jasa instalasi dan pemasangan produknya. Masalah yang dirasakan oleh perusahaan saat ini adalah antara lain seperti proses pemesanan yang tertunda sehingga konsumen mengeluh akibat pesanan yang tidak segera diproses, barang tidak tersedia ketika konsumen mendesak untuk proses instalasi, konsumen yang sering membatalkan pesanan, dan pengalihan peran pekerjaan terhadap pihak yang seharusnya tidak berperan melakukan pekerjaan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat perancangan sistem informasi yang terintegrasi dan urutan prosedur yang jelas, input dan output dokumen, user interface design, database, dan tempat penyimpanan yang sesuai.&#xD; Tahapan-tahapan dalam melakukan penelitian ini dimulai dari penggambaran sistem aktual dalam bentuk business process, analisis kerangka berpikir PIECES, penyusunan pertanyaan wawancara, melakukan wawancara kepada perusahaan, pembuatan flowchart prosedur aktual, pembuatan hasil wawancara, membuat DFD, pembuatan flowchart prosedur usulan, membuat ERD, membuat dokumen usulan, membuat tampilan untuk user interface design, merancang tempat penyimpanan, dan melakukan validasi sistem usulan kepada perusahaan.&#xD; Sebelum melakukan wawancara, dilakukan uji validitas konstruk untuk validasi pertanyaan wawancara. Pertanyaan wawancara diajukan kepada enam orang responden, yaitu direktur, kepala bagian keuangan, kepala gudang, staff umum, staff teknisi IT, dan staff teknisi jaringan. Hasil wawancara untuk sistem dan prosedur aktual dirangkum menggunakan analisis PIECES. Pembuatan DFD bertujuan untuk merancang prosedur dan mengetahui aliran data &amp; tempat penyimpanan berbentuk sistem aplikasi yang saling terintegrasi. Prosedur usulan dibuat berdasarkan hasil wawancara menggunakan analisis PIECES, hasil DFD, dan business process.&#xD; Pembuatan ERD bertujuan untuk mengetahui hubungan antara entitas satu dengan yang lain dalam perancangan sistem database. Perancangan input dan output dokumen dilakukan dengan tahapan identifikasi output sistem berdasarkan DFD untuk mengetahui data apa saja yang harus dimunculkan dalam dokumen, menentukan kebutuhan output secara fisik berdasarkan tipe &amp; tujuan dokumen dari ERD (dalam bentuk tabel, grafik, pembukuan, dll) serta menentukan desain rancangan usulan.&#xD; Tampilan untuk user interface design dibuat berdasarkan analisis penjabaran database dalam ERD dan hubungan akses tiap prosedur menggunakan matriks CRUD untuk memudahkan user dalam perusahaan dalam membaca dan mengolah data.&#xD; Perancangan tempat penyimpanan dilakukan dengan melakukan analisis kebutuhan tempat penyimpanan tiap prosedur yang menggunakan server database dan sistem aplikasi. Seluruh sistem usulan dilakukan validasi kepada perusahaan</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/30026/1/1423027_Abstract_TOC.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/30026/2/1423027_Appendices.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/30026/3/1423027_Chapter1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/30026/4/1423027_Chapter2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/30026/5/1423027_Chapter3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/30026/6/1423027_Chapter4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/30026/7/1423027_Conclusion.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/30026/8/1423027_Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/30026/9/1423027_References.pdf</identifier><identifier> Fritz Hendra, Rafael(1423027) (2019) Usulan Perancangan Dan Perbaikan Sistem Informasi (Studi Kasus : Tritama Telview - Bandung). Undergraduate thesis, Universitas Kristen Maranatha. </identifier><relation>http://repository.maranatha.edu/30026/</relation><recordID>30026</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Fritz Hendra, Rafael(1423027)
title Usulan Perancangan Dan Perbaikan Sistem Informasi (Studi Kasus : Tritama Telview - Bandung)
title_sub Tritama Telview - Bandung)
publishDate 2019
topic TA Engineering (General). Civil engineering (General)
url http://repository.maranatha.edu/30026/1/1423027_Abstract_TOC.pdf
http://repository.maranatha.edu/30026/2/1423027_Appendices.pdf
http://repository.maranatha.edu/30026/3/1423027_Chapter1.pdf
http://repository.maranatha.edu/30026/4/1423027_Chapter2.pdf
http://repository.maranatha.edu/30026/5/1423027_Chapter3.pdf
http://repository.maranatha.edu/30026/6/1423027_Chapter4.pdf
http://repository.maranatha.edu/30026/7/1423027_Conclusion.pdf
http://repository.maranatha.edu/30026/8/1423027_Cover.pdf
http://repository.maranatha.edu/30026/9/1423027_References.pdf
http://repository.maranatha.edu/30026/
contents Penelitian ini dilakukan di Tritama Telview yang terletak di Jalan Kebonjati No. 157 Bandung. Tritama Telview merupakan perusahaan yang bergerak di bidang security system sejak tahun 2011. Perusahaan ini berfokus pada penjualan produk CCTV, alarm, dan access control. Selain menjual produk, perusahaan ini juga melayani untuk jasa instalasi dan pemasangan produknya. Masalah yang dirasakan oleh perusahaan saat ini adalah antara lain seperti proses pemesanan yang tertunda sehingga konsumen mengeluh akibat pesanan yang tidak segera diproses, barang tidak tersedia ketika konsumen mendesak untuk proses instalasi, konsumen yang sering membatalkan pesanan, dan pengalihan peran pekerjaan terhadap pihak yang seharusnya tidak berperan melakukan pekerjaan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat perancangan sistem informasi yang terintegrasi dan urutan prosedur yang jelas, input dan output dokumen, user interface design, database, dan tempat penyimpanan yang sesuai. Tahapan-tahapan dalam melakukan penelitian ini dimulai dari penggambaran sistem aktual dalam bentuk business process, analisis kerangka berpikir PIECES, penyusunan pertanyaan wawancara, melakukan wawancara kepada perusahaan, pembuatan flowchart prosedur aktual, pembuatan hasil wawancara, membuat DFD, pembuatan flowchart prosedur usulan, membuat ERD, membuat dokumen usulan, membuat tampilan untuk user interface design, merancang tempat penyimpanan, dan melakukan validasi sistem usulan kepada perusahaan. Sebelum melakukan wawancara, dilakukan uji validitas konstruk untuk validasi pertanyaan wawancara. Pertanyaan wawancara diajukan kepada enam orang responden, yaitu direktur, kepala bagian keuangan, kepala gudang, staff umum, staff teknisi IT, dan staff teknisi jaringan. Hasil wawancara untuk sistem dan prosedur aktual dirangkum menggunakan analisis PIECES. Pembuatan DFD bertujuan untuk merancang prosedur dan mengetahui aliran data & tempat penyimpanan berbentuk sistem aplikasi yang saling terintegrasi. Prosedur usulan dibuat berdasarkan hasil wawancara menggunakan analisis PIECES, hasil DFD, dan business process. Pembuatan ERD bertujuan untuk mengetahui hubungan antara entitas satu dengan yang lain dalam perancangan sistem database. Perancangan input dan output dokumen dilakukan dengan tahapan identifikasi output sistem berdasarkan DFD untuk mengetahui data apa saja yang harus dimunculkan dalam dokumen, menentukan kebutuhan output secara fisik berdasarkan tipe & tujuan dokumen dari ERD (dalam bentuk tabel, grafik, pembukuan, dll) serta menentukan desain rancangan usulan. Tampilan untuk user interface design dibuat berdasarkan analisis penjabaran database dalam ERD dan hubungan akses tiap prosedur menggunakan matriks CRUD untuk memudahkan user dalam perusahaan dalam membaca dan mengolah data. Perancangan tempat penyimpanan dilakukan dengan melakukan analisis kebutuhan tempat penyimpanan tiap prosedur yang menggunakan server database dan sistem aplikasi. Seluruh sistem usulan dilakukan validasi kepada perusahaan
id IOS3452.30026
institution Universitas Kristen Maranatha
institution_id 45
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Kristen Maranatha
library_id 530
collection Maranatha Repository System
repository_id 3452
subject_area Ekonomi
Kesehatan dan Kedokteran
Program Komputer dan Teknologi Informasi
city BANDUNG
province JAWA BARAT
repoId IOS3452
first_indexed 2023-03-04T22:45:17Z
last_indexed 2023-03-04T22:45:17Z
recordtype dc
_version_ 1764511592906489856
score 17.538404