Korelasi Antara Self-Efficacy Dalam Keterampilan Klinik Dan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Co-Ass Fakultas Kedokteran Di Universitas “X” Kota Bandung
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara self-efficacy dan prestasi akademik mahasiswa Co-Ass Fakultas Kedokteran di Universitas “X” di Bandung. Fakultas Kedokteran Universitas “X” memiliki mata kuliah Keterampilan Klinik yang mana mahasiswa Co-Ass harus memilikinya sebagai lulusan kedokteran. Mahasiswa diharapkan untuk mendapatkan IPK yang optimal. Terdapat faktor internal yang dapat memengaruhi prestasi akademik ialah self-efficacy. Self-efficacy adalah keyakinan seseorang tentang kemampuan yang dimiliki untuk mengatur dan melakukan serangkaian tindakan yang diperlukan dalam mencapai keinginannya. Penelitian ini menggunakan teori Self-Efficacy (Bandura, 2002) serta teori Prestasi Akademik (Muhibbin Syah, 2007). Terdapat 150 responden yang berpartisipasi yang dipilih berdasarkan teknik sampling insidental. Peneliti menggunakan alat ukur self-efficacy yang dibuat oleh peneliti yang didasarkan pada teori self-efficacy yang dikemukakan oleh Bandura (2002) yang terdiri dari 62 aitem dan nilai keterampilan klinik. Penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan memakai uji korelasi rank-spearman di SPSS. Nilai validitas alat ukur self-efficacy berkisar dari 0,305-0,804 dan reliabilitas 0,937. Berdasarkan hasil data statistik, didapatkan nilai signifikansi korelasi antara self-efficacy dan nilai keterampilan klinik sebesar sig = 0,190 dan nilai koefisien korelasi sebesar r = 0,108 yang memiliki arti bahwa tidak adanya hubungan yang signifikan antara self-efficacy dan prestasi akademik. Peneliti menyarankan agar peneliti selanjutnya untuk mempertimbangkan faktor-faktor lainnya yang dapat memengaruhi prestasi akademik individu. Peneliti menyarankan agar pihak Fakultas Kedokteran dapat melakukan sosialisasi mengenai gambaran hal-hal apa saja yang dapat dilakukan mahasiswa Co-Ass agar dapat meningkatkan self-efficacy masing-masing mahasiswa.