Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh self-esteem terhadap self-disclosure pada mahasiswa pengguna Instagram di Universitas ‘X’ Kota Bandung dengan menggunakan teori self-esteem (Coopersmith, 1967) dan teori self-disclosure (Wheeless & Grotz, 1976). Terdapat 123 mahasiswa yang berpartisipasi, dengan karakteristik mahasiswa aktif Universitas ‘X’ Kota Bandung, menggunakan media sosial Instagram, dan pernah mengunggah foto/video di feed Instagram. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan data berupa kuesioner yang dimodifikasi oleh peneliti. Berdasarkan hasil uji validitas, terdapat 61 item self-esteem yang valid dengan kisaran r=0,322-0,728 dan 26 item self-disclosure dengan kisaran r=0,427-0,661. Penelitian ini menggunakan metode regresi linear sederhana untuk melihat gambaran pengaruh dari self-esteem terhadap self-disclosure. Berdasarkan pengolahan data secara statistik, self-esteem berpengaruh secara signifikan terhadap prokrastinasi akademik, sebesar 0,197 pada taraf signifikansi 0,05. Kesimpulan yang diperoleh adalah self-esteem berpengaruh secara signifikan terhadap self-disclosure. Saran untuk peneliti selanjutnya agar meneliti faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi self-disclosure, seperti jenis kelamin, usia, durasi, dan jumlah followers, serta untuk meneliti pengaruh self-esteem terhadap self-disclosure pada pengguna media sosial lain.