Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh tipe-tipe dukungan sosial dari teman sebaya terhadap school engagement siswa kelas XI di SMA “X”. Terdapat 179 responden penelitian yang memiliki karakteristik sebagai siswa aktif SMA “X” dari jurusan MIA dan IIS. Kuesioner dukungan sosial dari teman sebaya merupakan modifikasi dari kuesioner yang disusun oleh Octaviani berdasarkan teori Uchino (2004) berjumlah 25 item dengan kisaran validitas r=0,312-0,671. Kuesioner school engagement merupakan modifikasi dari kuesioner yang disusun oleh Jane Savitri berdasarkan teori Fredericks (2004) berjumlah 30 item dengan kisaran validitas r=0,310-0,750. Analisis data menggunakan metode regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan dari dukungan emosional dan informasional terhadap school engagement (masing-masing nilai signifikansi < 0,05) pada siswa kelas XI di SMA “X”. Saran dari peneliti adalah pihak sekolah khususnya wali kelas atau guru BK dapat meningkatkan engagement siswa terhadap sekolahnya dengan cara memberikan program psikoedukasi mengenai dukungan emosional dan dukungan informasional dari teman sebaya kepada siswa kelas XI di SMA “X”. Sedangkan saran untuk penelitian selanjutnya adalah meneliti dengan cakupan yang lebih luas.