Hubungan Antara Dukungan Orangtua Dan Dimensi Identitas Bidang Pendidikan Pada Siswa Kelas Xi Sma ‘X’ Bandung
Daftar Isi:
- Penelitian ini menggunakan teori Dukungan Sosial (Vaux, 1988) dan Ego Identity (Marcia, 1993) untuk mengetahui hubungan antara dukungan Orang Tua dan dimensi identitas bidang pendidikan pada siswa kelas XI SMA ‘X’ Bandung. Terdapat 100 siswa yang berpartisipasi dalam penelitian ini. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner dukungan Orang Tua yang disusun oleh Tami (2010) berdasarkan teori House (Vaux 1988) dengan modifikasi yang dilakukan oleh peneliti dan terdiri dari 26 item dengan validitas berkisar antara 0,301 – 0,726 dan reliabilitas sebesar 0,916. Peneliti juga menggunakan alat ukur dari kuesioner dimensi identitas bidang pendidikan yang disusun oleh Elisabeth. A (2007) yang berpedoman pada dimensi eksplorasi dan komitmen berdasarkan teori ego identity (Marcia, 1993) dengan modifikasi yang telah dilakukan oleh peneliti dan terdiri dari 27 item dengan validitas berkisar antara 0,300 – 0,697 dan reliabilitas sebesar 0,866. Pengolahan data untuk mengetahui hubungan kedua variabel tersebut menggunakan uji korelasi Spearman dalam program SPSS 22. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa dukungan emosional, instrumental, informasi, dan appraisal tidak berkorelasi secara signifikan dengan dimensi eksplorasi dan komitmen di kelas XI SMA ‘X’ Bandung.