Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan gambaran mengenai hubungan antara keempat tipe student academic support (informational support, esteem support, motivational support dan venting support) dengan academic buoyancy pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas 'X' Bandung. Subjek yang berpartisipasi dalam penelitian ini berjumlah 230 mahasiswa yang dipilih berdasarkan teknik proportionate stratified random sampling. Penelitian ini menggunakan alat ukur yang dimodifikasi oleh peneliti berdasarkan alat ukur Student Academic Support Scale (SASS; Thompson & Mazer, 2009) yang terdiri dari 14 item dalam bentuk skala Likert dan modifikasi alat ukur Academic Buoyancy Scale (ABS; Martin & Marsh, 2008) yang terdiri dari 4 item dalam bentuk skala Likert. Skor SASS dikorelasikan dengan skor ABS dengan uji korelasi Spearman. Hasil pengolahan data statistik menunjukkan academic buoyancy memiliki hubungan positif yang signifikan dengan esteem support (r=0,168; p=0,011), motivational support (r=0,212; p=0,001) dan venting support (r=0,158; p= 0,017), sedangkan informational support tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan academic buoyancy (r=0,105; p= 0,111). Peneliti mengajukan saran agar pihak fakultas psikologi dan departemen kemahasiswaan mengembangkan program mentoring secara berkesinambungan untuk meningkatkan esteem support, motivational support dan venting support antar mahasiswa agar dapat saling membantu dalam menjalani perkuliahan. Selain itu, perlu dilakukan peneltian lebih lanjut mengenai pengaruh student academic support terhadap academic buoyancy.