Peran Trait Kepribadian Dan Attachment Terhadap Perilaku Perundungan Pada Siswa Di SMA X
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran trait kepribadian dan attachment secara bersama-sama maupun parsial terhadap perilaku perundungan pada siswa di SMA X. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi ganda. Alat ukur penelitian ini telah reliabel dengan skor 0.529 – 0.903. Kuesioner penelitian ini diberikan kepada 180 siswa di SMA X. Berdasarkan analisis yang dilakukan dalam penelitian ini, diketahui bahwa: trait kepribadian dan attachment secara bersama-sama berperan terhadap perilaku perundungan (F=9.391; R2=0,305; p<0,05). Perhitungan secara parsial diperoleh hasil bahwa dimensi extraversion, agreeableness, dan conscientiousness memiliki peran terhadap perilaku perundungan, sedangkan variabel lainnya tidak berperan terhadap perilaku perundungan. Berdasarkan pemaparan tersebut, maka siswa disarankan untuk dapat mengontrol diri ketika dihadapkan pada masalah interpersonal serta membangun relasi yang penuh empati dengan teman sebaya, dan bagi Institusi Pendidikan diharapkan mampu membuat kebijakan dan program untuk mengatasi perilaku perundungan dengan memperhatikan kepribadian dan dinamika kelompok yang berlaku di lingkungan siswa.