Daftar Isi:
  • Jalan Tol adalah jalan bebas hambatan yang hanya diperuntukkan bagikendaraan beroda empat atau lebih dengan membayar tarif jalan tol yang telah ditentukan. Pengamatan studi antrian dilakukan di pintu keluar Gerbang Tol Bekasi Barat 1 pada hari Selasa, 14 November 2006 pukul 06:00 WIB sampai dengan hari Rabu, 15 November 2006 pukul 06:00 WIB dengan tujuan untuk mengetahui panjang antrian yang terjadi untuk layanan pintu keluar pada jam – jam sibuk. Batas panjang antrian maksimum yang ditentukan untuk layanan pintu keluar adalah 50 m Analisis hasil pengujian dilakukan dengan Metode Chi Squared Goodnes of Fit, sedangkan kedatangan kendaraan mengikuti distribusi Poisson dan waktu pelayanan mengikuti distribusi eksponensial, hal ini rumus – rumus antrian dapat digunakan untuk menganalisis kebutuhan pintu keluar tol. Tingkat kedatangan kendaraan sebanyak 34.224 kendaraan selama 24 jam dan tingkat pelayanannya rata – rata pada jam 06:00-07:00 adalah 5,77 detik, pada jam 07:00-08:00 adalah 5,64 detik, pada jam 08:00-09:00 adalah 5,705 detik, pada jam 09:00-10:00 adalah 5,846 detik, sehingga rata-rata pelayanannya adalah 5.00 detik. Berdasarkan perhitungan panjang antrian rata – rata diketahui bahwa hasil analisis kebuthan pintu layanan pada hari Selasa, 14 November 2006 sampai dengan hari Rabu, 15 November pada jam 06:00-09:00 adalah 4 pintu tunggal, pada jam 10:00-15:00 adalah 5 pintu tunggal, pada jam 15:00-17:00 adalah 6 pintu tunggal, pada jam 17:00-19:00 adalah 6 pintu tunggal, pada jam 19:00-23:00 adalah 4 pintu tunggal, pada jam 23:00-00:00 adalah pintu ganda, pada jam 00:00-05:00 adalah pintu tunggal, Dan pada jam 05:00-06:00 adalah pintu ganda.