Daftar Isi:
  • Kota Bandung merupakan ibu kota dari Provinsi Jawa Barat, menjadi tempat destinasi wisata unggulan Jawa Barat baik domestik maupun mancanegara. Hal ini berdampak kepada pertumbuhnya sektor bisnis dalam bidang perhotelan. Banyaknya bisnis perhotelan mengakibatkan tingkat persaingan antar hotel yang semakin ketat, sehingga untuk menghadapi suatu persaingan, perusahaan membutuhkan mengenai efektivitas budaya organisasi yang perlu diidentifikasi dan dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe budaya organisasi pada karyawan Hotel “X” Kota Bandung dengan menggunakan teori budaya organisasi menurut Cameron & Quinn (2011). Responden pada penelitian ini adalah dengan jumlah responden sebanyak 57 orang karyawan Hotel “X” Kota Bandung. Alat ukur yang digunakan adalah Organizational Culture Assesment Instrument (OCAI). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa budaya yang dirasakan berkembang dan dihayati oleh karyawan Hotel “X” Kota Bandung adalah clan culture dan adhocracy culture. Sementara tipe budaya yang sesuai dengan visi misi adalah market dan adhocracy. Dari hasil penelitian ini, peneliti mengajukan saran bagi peneliti selanjutnya untuk meneliti dengan karakteristik sample yang berbeda, jumlah sampel lebih besar. Selain itu, perlu adanya sosialisasi dan implementasi jika ingin melakukan perubahan budaya sesuai dengan budaya yang diharapkan perusahaan.