Daftar Isi:
  • SMA “X” adalah sebuah lembaga pendidikan yang mengemban misi untuk membangun kualitas manusia yang bermutu melalui jalur pendidiakn formal. Meski demikian, sekolah kerap menghadapi kendala berkaitan dengan kinerja guru sebagai salah kunci penggerak keberhasilan pendidikan. Beban kerja dan kompensasi adalah dua faktor yang dapat mempengaruhi kinerja. Berkenaan dengan fenomena tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beban kerja dan kompensasi terhadap kinerja guru di SMA “X”, baik secara parsial maupun simultan. Pengumpulan data dilakukan terhadap populasi keseluruhan guru mata pelajaran yang ada. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verfikatif. Analisis dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil uji hipotesis, terbukti bahwa beban kerja dan kompensasi masing-masing berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja guru mata pelajaran di SMA “X”. Secara simultan, beban kerja dan kompensasi juga berpengaruh secara positif dan signifikan.