Pengaruh Profitabilitas , Struktur Aktiva dan Tingkat Pertumbuhan Penjualan Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Manufaktur Food And Beverages yang Terdaftar di BEI Periode 2016-2018
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh variabel Profitabilitas, Struktur Aktiva, dan Sales Growth (Tingkat Pertumbuhan Penjualan) terhadap Struktur Modal pada perusahaan manufaktur food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan periode selama 3 tahun, yaitu mulai dari tahun 2016 sampai 2018. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 26 perusahaan manufaktur food and beverages yang tercatat dalam Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh 10 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan profitabilitas tidak memiliki pengaruh terhadap Struktur Modal sementara struktur aktiva memiliki pengaruh terhadap Struktur Modal dan Sales Growth tidak memiliki pengaruh terhadap Struktur Modal. Profitabilitas, Struktur Aktiva, dan Sales Growth secara bersama-sama berpengaruh dan bisa menjelaskan Struktur Modal sebesar 48,4%; sedangkan sisanya yaitu sebesar 51,6% dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar penelitian.