Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh destination image, place attachment dan overall satisfaction terhadap revisit intention wisatawan ke Kota Bandung. Landasan teori penelitian ini adalah city branding. Penelitian metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengukuran pengaruh antar variabel tersebut menggunakan metode SEM (Structural Equation Method). Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan penyebaran kuesioner dengan menggunakan google form yang dibagikan melalui sosial media. Penelitian ini menggunakan 115 data kuesioner yang telah di isi oleh para responden. Responden merupakan wisatawan dari daerah sekitar Kota Bandung di Pulau Jawa yang dalam kurun waktu 1 tahun terakhir sejak bulan April 2019 pernah berkunjung ke Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa destination image secara tidak langsung dapat mempengaruhi keputusan wisatawan untuk berkunjung ulang ke Kota Bandung. Pengaruh tidak langsung destination image terhadap revisit intention di moderasi melalui place attachment dan overall satisfaction. Semakin sesuai image yang dimiliki Kota Bandung maka akan semakin meningkat kepuasan wisatawan yang menyebabkan ketertarikan wisatawan untuk dapat berkunjung kembali ke Kota Bandung, dan semakin sesuai image yang dimiliki Kota Bandung maka semakin besar rasa keterikatan personal wisatawan pada Kota Bandung. Selain itu destination image dapat juga mempengaruhi place attachment dan overall satisfaction secara langsung. Place attachment dan overall satisfaction merupakan faktor yang dapat mempengaruhi wisatawan untuk berkunjung ulang ke Kota Bandung. Penelitian ini juga menunjukkan semakin besar place attachment dan overall satisfaction yang dirasakan oleh wisatawan saat berwisata di Kota Bandung akan semakin besar kemungkinan wisatawan tersebut untuk merekomendasikan Kota Bandung sebagai tempat wisata ke kerabatnya.