Evaluasi Kinerja Operasi Ruang Tunggu Keberangkatan Penerbangan Internasional Bandara Soekarno-Hatta
Daftar Isi:
- Sistem pengoperasian suatu bandar udara dapat berjalan dengan baik, apabila elemen-elemen pendukungnya termasuk ruang tunggu keberangkatan dioperasikan dengan efektif dan maksimal. Banyak faktor yang mempengaruhi efektivitas ruang tunggu keberangkatan, seperti banyaknya penumpang yang menggunakan ruang tunggu keberangkatan dan kapasitasnya. Selain itu juga harus diteliti mengenai kinerja fasilitas umum yang terdapat pada ruang tunggu keberangkatan. Pada Tugas Akhir ini diteliti mengenai efektivitas dan kecukupan dari fasilitas yang tersedia di ruang tunggu keberangkatan penerbangan internasional, dalam hal ini jumlah kursi, dan juga kinerja operasi fasilitas-fasilitas umum yang terdapat di ruang tunggu tersebut. Kesimpulan yang diperoleh menunjukkan bahwa penumpang yang menggunakan ruang tunggu keberangkatan internasional belum melampaui kapasitasnya, karena lonjakan penumpang hanya terjadi pada jam-jam tertentu, terutama pada sore hari. Untuk fasilitas-fasilitas umum di ruang tunggu, seperti AC, toilet, dan telepon umum, kinerja dan pemeliharaannya masih perlu diperhatikan, karena fasilitas-fasilitas umum tersebut sangat menunjang kenyamanan orang yang berada dan bekerja di dalam ruang tunggu keberangkatan penerbangan internasional.